Indriwahyuni, (2018) Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Self Efficacy dan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43478.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (13MB) |
Abstract
Pembelajaran matematika dikatakan telah dilaksanakan dengan optimal jika adanya perubahan perilaku baik dalam aspek pengetahuan, pemahaman, keterampilan, sikap, kemampuan berpikir, penghargaan terhadap sesuatu, minat dan sebagainya. Hasil belajar matematika adalah indikator pembelajaran matematika dilaksanakan secara efektif dan optimaL Kondisi di lapangan berdasarkan hasil pengamatan peneliti, hasil wawancara dan diskusi dengan beberapa guru, menunjukkan bahwa kurang berhasilnya pembelajaran matematika dua hal dari beberapa penyebabnya adalah masalah self efficacy dan kemampuan penalaran matematis siswa. Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka peneliti ingin mengangkat masalah Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Self Efficacy Dan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Dasar. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan, memperoleh gambaran tentang bagaimana pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan RME berbasis pendidikan karakter untuk meningkatkan self efficacy dan kemampuan penalaran matematis siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan pada penelitian mt adalah model pengembangan desain pembelajaran dengan pendekatan ADDIE. Objek penelitian dari penelitian ini adalah siswa SDN 029 Cilengkrang dan SDN 124 Hanura. Pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan melalui tahapan ADDIE. Berdasarkan kriteria validasi, perangkat pembelajaran yang peneliti buat dinyatakan valid dan perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki tingkat kepraktisan yang baik. Efektivitas pembelajaran Matematika dengan pendekatan RME berbasis pendidikan karakter untuk meningkatkan self efficacy dan kemampuan penalaran matematis siswa sekolah dasar cukup efektif. Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan RME berbasis pendidikan karakter dengan model pengembangan ADDIE dinyatakan valid, praktis, dan efektif.
Actions (login required)
View Item |