Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Self Efficacy dan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Dasar

Indriwahyuni, (2018) Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Self Efficacy dan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43478.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB)

Abstract

Pembelajaran matematika dikatakan telah dilaksanakan dengan optimal jika adanya perubahan perilaku baik dalam aspek pengetahuan, pemahaman, keterampilan, sikap, kemampuan berpikir, penghargaan terhadap sesuatu, minat dan sebagainya. Hasil belajar matematika adalah indikator pembelajaran matematika dilaksanakan secara efektif dan optimaL Kondisi di lapangan berdasarkan hasil pengamatan peneliti, hasil wawancara dan diskusi dengan beberapa guru, menunjukkan bahwa kurang berhasilnya pembelajaran matematika dua hal dari beberapa penyebabnya adalah masalah self efficacy dan kemampuan penalaran matematis siswa. Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka peneliti ingin mengangkat masalah Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Self Efficacy Dan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Dasar. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan, memperoleh gambaran tentang bagaimana pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan RME berbasis pendidikan karakter untuk meningkatkan self efficacy dan kemampuan penalaran matematis siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan pada penelitian mt adalah model pengembangan desain pembelajaran dengan pendekatan ADDIE. Objek penelitian dari penelitian ini adalah siswa SDN 029 Cilengkrang dan SDN 124 Hanura. Pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan melalui tahapan ADDIE. Berdasarkan kriteria validasi, perangkat pembelajaran yang peneliti buat dinyatakan valid dan perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki tingkat kepraktisan yang baik. Efektivitas pembelajaran Matematika dengan pendekatan RME berbasis pendidikan karakter untuk meningkatkan self efficacy dan kemampuan penalaran matematis siswa sekolah dasar cukup efektif. Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan RME berbasis pendidikan karakter dengan model pengembangan ADDIE dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43478.pdf
Uncontrolled Keywords: Pendekatan RME, Pendidikan Karakter, Self efficacy , Penalaran Matematis, RME Approach, Character Education, Mathematical Reasoning.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510.72 Research Methods of Mathematics/Metode Riset Penelitian Matematika
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 15 May 2019 07:20
Last Modified: 15 May 2019 07:20
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8386

Actions (login required)

View Item View Item