Komariyah, Siti (2018) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas I SDN 001 Sei Beduk Kota Batam. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43508.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk: (1) menganalisis dampak perbedaan penerapan pendekatan pembelajaran Whole Language dan Komunikatif terhadap kemampuan membaca siswa, (2) menganalisis pengaruh minat belajar terhadap keberhasilan belajar membaca siswa, (3) menganalisis interaksi antara pendekatan pembelajaran dan minat belajar terhadap kemampuan membaca siswa. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Pengambilan data digunakan instrumen unjuk kerja kemampuan membaca siswa kelas I SD. Data dianalisis dengan menggunakan uji analisis validitas, reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis ANOVA dua jalur pada taraf signifikan a = 0,05 dengan menggunakan SPSS 21 for windows. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) kemampuan membaca siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran whole language lebih baik dari siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran komunikatif, ditunjukkan dengan hasil perhitungan nilai F hitung=5.625 > Ftabel=3.98 untuk dk (1.70) dan nilai P=0.021 <0.05; (2) kecenderungan pada siswa yang mempunyai minat belajar tinggi, rnc menunjukan tingkat kemampuan membaca yang lebih baik daripada siswa yang memiliki minat belajar rendah, ditunjukkan dengan nilai Fhitung=176.743>Ftabel=3.98 untuk dk (1.70) dan nilai v=0.000<0.005 dan (3) terdapat interaksi antara penggunaan pendekatan pembelajaran, dan minat belajar terhadap kemampuan membaca siswa kelas I SDN 001 Sungai Beduk kota Batam, ditunjukkan dengan nilai F hitung=11.179>F tabel=3.98 untuk dk (1.70) dan nilai v=0.001<0.05
Actions (login required)
View Item |