Yetti, Elza (2018) Peningkatan Pemahaman Konsep Geometri Siswa SD Melalui Pembelajaran Matematika Realistik (Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDI Integral Luqman Al Hakim Batu Aji-Batam). Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43511.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep geometri siswa dalam materi bangun datar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDI Integral Luqman AI Hakim Batu Aji di Kecamatan Batu Aji Batam yang terbagi dalam 6 kelas. Sampel dipilih secara acak 2 kelas dari 6 kelas yang ada menggunakan acak kelas, sehingga terpilih 62 orang siswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan tes berbentuk uraian yang terdiri dari 6 soal sesuai dengan indikator pemahaman konsep geometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman konsep geometri siswa yang memperoleh pembelajaran matematika realistik lebih tinggi secara signifikan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.
Actions (login required)
View Item |