Peningkatan Pemahaman Konsep Geometri Siswa SD Melalui Pembelajaran Matematika Realistik (Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDI Integral Luqman Al Hakim Batu Aji-Batam)

Yetti, Elza (2018) Peningkatan Pemahaman Konsep Geometri Siswa SD Melalui Pembelajaran Matematika Realistik (Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDI Integral Luqman Al Hakim Batu Aji-Batam). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43511.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep geometri siswa dalam materi bangun datar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDI Integral Luqman AI Hakim Batu Aji di Kecamatan Batu Aji Batam yang terbagi dalam 6 kelas. Sampel dipilih secara acak 2 kelas dari 6 kelas yang ada menggunakan acak kelas, sehingga terpilih 62 orang siswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan tes berbentuk uraian yang terdiri dari 6 soal sesuai dengan indikator pemahaman konsep geometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman konsep geometri siswa yang memperoleh pembelajaran matematika realistik lebih tinggi secara signifikan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43511.pdf
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Geometri, Pembelajaran Matematika Realistik, Geometry Concept Understanding, Realistic Mathematics Learning.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.02 Private Schools (Sekolah Swasta)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.07 Religious Schools (Sekolah Keagamaan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510.72 Research Methods of Mathematics/Metode Riset Penelitian Matematika
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 22 May 2019 05:47
Last Modified: 22 May 2019 05:56
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8442

Actions (login required)

View Item View Item