Pengaruh Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Tentang Manajemen Kelas Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas V Sekolah Dasar Swasta Harapan Utama Di Kota Batam

Handayani, Roza (2018) Pengaruh Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Tentang Manajemen Kelas Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas V Sekolah Dasar Swasta Harapan Utama Di Kota Batam. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43506.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan persepsi siswa tentang manajemen kelas guru terhadap hasil belajar siswa di kelas V salah satu sekolah dasar swasta Harapan Utama di kota Batam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V, kecuali kelas V C sekolah dasar swasta Harapan Utama berjumlah 137 orang. Ditetapkan responden 58 orang dengan menggunakan teknik Random Sampling. Data dikumpulkan dengan angket skala Likert yang telah diuji kesahihan dan keterandalannya. Hasil uji coba angket motivasi belajar diperoleh r hitung (0,914) > r table (0,361), sedangkan untuk angket persepsi siswa tentang manajemen kelas guru r hitung (0,806) > r tabel (0,361). Hal ini menunjukkan bahwa kedua angket valid. Data dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi. Hasil analisis menunjukkan: 1) Ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan kontribusi sebesar 13,6 %, 2) Pengaruh persepsi siswa tentang manajemen kelas guru terhadap hasil belajar sebesar 1 ,4%dan 3) Pengaruh motivasi belajar dan persepsi siswa tentang manajemen kelas guru terhadap hasil belajar secara bersama sama berpengaruh sebesar 16,10%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43506.pdf
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, Persepsi siswa tentang manajemen kelas guru, Hasil belajar, Motivation in learning, Students perception about teachers classroom management, learning outcomes.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.02 Private Schools (Sekolah Swasta)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 22 May 2019 06:06
Last Modified: 22 May 2019 06:06
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8444

Actions (login required)

View Item View Item