Pengaruh Penggunaan Media Sederhana Tiga Dimensi Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VI Sekolah Dasar Di Srengat Blitar

Munawir, (2018) Pengaruh Penggunaan Media Sederhana Tiga Dimensi Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VI Sekolah Dasar Di Srengat Blitar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43607.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen dalam proses pembelajaran. Penggunaan media yang tidak sesuai dengan perkembangan cara berpikir siswa akan metalanguage kelancaran proses pembelajaran. Fakta di lapangan masih banyak ditemukan proses pembelajaran tidak memperhatikan pada penggunaan media yang sesuai karakteristik perkembangan berpikir siswa kelas VI sekolah dasar yang masih dalam taraf operasional konkret Media pembelajaran yang tepat untuk siswa kelas VI sekolah dasar adalah media sederhana tiga dimensi jenis realia, karena media realia dapat memberikan pengalaman langsung dan membantu mengkonkretkan materi yang abstrak. Selain masalah media, adanya motivasi siswa dalam pembelajaran sangat diperlukan dalam memahami materi yang akan dipelajari. Keberadaan motivasi untuk berhasil, serta melakukan sesuatu untuk kepentinganya sendiri, perlu diperhatikan oleh guru pada saat membelajarkan. Tinggi rendahnya motivasi diri akan sangat mempengaruhi proses belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sederhana tiga dimensi terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas VI sekolah dasar dan mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas VI sekolah dasar dengan tingkat motivasi belajar yang berbeda, serta pengaruh penggunaan media sederrh.ana tiga dimensi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika kelas VI sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah expos/ facto. Penelitian dilaksanakan di dua sekolah dasar kelas VI tahun ajaran 2016/2017 di wilayah Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. Penelitian ini mulai dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 pada bulan Februari s/d April 2017. Populasi penelitian ini ada1ah seluruh siswa kelas VI sekolah dasar di wilayah Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar tahun pelajaran 2016/ 2017. Populasi penelitian adalah siswa sekolah dasar kelas VI dari 32 lembaga dengan jumlah siswa 900 siswa. Sampel penelitian yang digunakan adalah cluster random sampling yaitu siswa SDN Selokajang 03 sebanyak 25 siswa, dan SDN Wonorejo 01 sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari teknik dokumentasi dan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah uji analisis varian dua jalur (ANOVA). Hasil pengujian terhadap penggunaan media sederhana 3 dimensi terhadap hasil belajar matematika kelas VI didapat nilai signifikansi 0,000, dan terdapat perbedaan hasil belajar berdasarkan penggunaan media sederhana tiga dimensi. Hasil pengujian terhadap motivasi belajar didapat nilai signifikansi 0,000 dan ada perbedaan hasil belajar berdasarkan motivasi belajar. Hasil pengujian terhadap penggunaan media sederhana 3 dimensi dan hasil belajar didapat nilai signifikansi (asymp sig.) 0,003 dan ada perbedaan hasil belajar berdasarkan interaksi antara penggunaan media sederhana 3 dimensi dan motivasi belajar. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh penggunaan media sederhana 3 dimensi terhadap hasil belajar, (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar, (3) terdapat pengaruh penggunaan media sederhana 3 dimensi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas VI SD di Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43607.pdf
Uncontrolled Keywords: penggunaan media sederhana 3 dimensi, motivasi belajar, hasil belajar, Implementation of Simple Three-Dimensional Medium, Motivation , Achievement.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510.72 Research Methods of Mathematics/Metode Riset Penelitian Matematika
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 22 May 2019 07:19
Last Modified: 22 May 2019 07:19
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8448

Actions (login required)

View Item View Item