Suharti, (2018) Hubungan Minat Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri 001 Kecamatan Sagulung Kota Batam. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43494.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Kesuksesan pendidikan sebuah bangsa erat kaitannya dengan proses belajar mengajar dalam institusi pendidikan. Namun. pemahaman mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa masih belum dipahami secara komprehensif terutama oleh para guru sekolah dasar.Dalam penelitian ini, akan dibahas hubungan antara minat belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa dengan studi kasus siswa kelas V SD Negeri 001 Sagulung tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian kuantitatif dengan melihat korelasi antar peubah digunakan untuk hipotesis. Data pengamatan meliputi sampel 87 siswa kelas V yang terbagi dalam tiga kelas dimulai pada tanggal 1 Juli hingga 31 Desember 2017.Ditemukan hubungan positif antara minat belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar. Besarnya hubungan minat belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa mempunyai koefisien korelasi mencapai 0,692. Temuan ini mengindikasikan bahwa minat belajar siswa serta kondisi lingkungan keluarga siswa tidak dapat dipungkiri menjadi faktor dominan dalam menentukan hasil belajar siswa secara dramatis.
Actions (login required)
View Item |