Siskawati, Erpin Ita (2018) Pengaruh Media Audiovisual Dan Metode Ceramah Plus Terhadap Prestasi Belajar IPA Kelas VI SDN Gugus I Rejoso Kabupaten Nganjuk. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43596.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Peserta didik diharapkan mampu mencapai kompetensi yang sudah ditetapkan oleh kurikulum; guru harus mampu menciptakan suasana kondusif yang memungkinkan peserta didik belajar dengan nyaman tanpa ada rasa tertekan atau terpaksa. Kemampuan guru untuk meramu pembelajaran menjadi lebih menarik, tidak membosankan, dan variatif akan sangat membantu peserta didik untuk: memperoleh prestasi belajar yang maksimal di antaranya adalah dengan menggunakan media audiovisual dan metode ceramah plus diskusi tugas (CPDT). Namun belum semua guru di sekolah melakukan hal tersebut karena sangat tergantung dari kemauan, kemampuan, dan kondisi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh intensitas penggunaan media audiovisual terhadap prestasi belajar IPA kelas VI SDN Gugus I Rejoso Kabupaten Nganjuk; 2) pengaruh intensitas penggunaan metode ceramah plus terhadap prestasi belajar IPA kelas VI SDN Gugus I Rejoso Kabupaten Nganjuk; 3) pengaruh intensitas penggunaan media audiovisual dan metode ceramah plus terhadap prestasi belajar IPA kelas VI SDN Gugus I Rejoso Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, expost-facto dengan desain penelitian korelasional, pengambilan data menggunakan angket (kuesioner), tingkat eksplanasi asosiatif dengan hubungan variabel kausal. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SDN Gugus I Rejoso Kabupaten Nganjuk yang berjumlah 56 orang siswa. Uji validitas instrumen penelitian menggunakan korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach 's. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji Linieritas. Uji hipotesis terdiri dari uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan intensitas penggunaan media audiovisual terhadap prestasi belajar IPA dengan rx1y=0,885 pada taraf signifikansi 5%; 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan metode ceramah plus terhadap prestasi belajar IP A dengan rx2y=0,930 pada taraf signifikansi 5%; 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan intensitas penggunaan media audiovisual dan metode ceramah plus terhadap prestasi belajar IPA dengan kontribusi sebesar 0,920 atau 92%.
Actions (login required)
View Item |