Pengaruh Media Audiovisual Dan Metode Ceramah Plus Terhadap Prestasi Belajar IPA Kelas VI SDN Gugus I Rejoso Kabupaten Nganjuk

Siskawati, Erpin Ita (2018) Pengaruh Media Audiovisual Dan Metode Ceramah Plus Terhadap Prestasi Belajar IPA Kelas VI SDN Gugus I Rejoso Kabupaten Nganjuk. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43596.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Peserta didik diharapkan mampu mencapai kompetensi yang sudah ditetapkan oleh kurikulum; guru harus mampu menciptakan suasana kondusif yang memungkinkan peserta didik belajar dengan nyaman tanpa ada rasa tertekan atau terpaksa. Kemampuan guru untuk meramu pembelajaran menjadi lebih menarik, tidak membosankan, dan variatif akan sangat membantu peserta didik untuk: memperoleh prestasi belajar yang maksimal di antaranya adalah dengan menggunakan media audiovisual dan metode ceramah plus diskusi tugas (CPDT). Namun belum semua guru di sekolah melakukan hal tersebut karena sangat tergantung dari kemauan, kemampuan, dan kondisi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh intensitas penggunaan media audiovisual terhadap prestasi belajar IPA kelas VI SDN Gugus I Rejoso Kabupaten Nganjuk; 2) pengaruh intensitas penggunaan metode ceramah plus terhadap prestasi belajar IPA kelas VI SDN Gugus I Rejoso Kabupaten Nganjuk; 3) pengaruh intensitas penggunaan media audiovisual dan metode ceramah plus terhadap prestasi belajar IPA kelas VI SDN Gugus I Rejoso Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, expost-facto dengan desain penelitian korelasional, pengambilan data menggunakan angket (kuesioner), tingkat eksplanasi asosiatif dengan hubungan variabel kausal. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SDN Gugus I Rejoso Kabupaten Nganjuk yang berjumlah 56 orang siswa. Uji validitas instrumen penelitian menggunakan korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach 's. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji Linieritas. Uji hipotesis terdiri dari uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan intensitas penggunaan media audiovisual terhadap prestasi belajar IPA dengan rx1y=0,885 pada taraf signifikansi 5%; 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan metode ceramah plus terhadap prestasi belajar IP A dengan rx2y=0,930 pada taraf signifikansi 5%; 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan intensitas penggunaan media audiovisual dan metode ceramah plus terhadap prestasi belajar IPA dengan kontribusi sebesar 0,920 atau 92%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43596.pdf
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Audiovisual, Metode Ceramah Plus, Prestasi Belajar IPA, Use of Audiovisual Media, Lecture Plus Method, Achievement Learning science
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.01 Public Schools (Sekolah Negeri)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 23 May 2019 02:26
Last Modified: 31 May 2019 07:03
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8456

Actions (login required)

View Item View Item