Susilawati, (2018) Peningkatan Pemahaman Konsep IPA Dan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Demonstrasi Pada Siswa Kelas V SDN 001 Sei Beduk Batam. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43512.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada hasil studi pendahuluan yang menunjukkan bahwa pemahaman konsep IPA pada materi siklus air masih rendah dan aktivitas belajar siswa juga masih banyak didominasi oleh guru. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan pemahaman konsep IPA dan aktivitas belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode demonstrasi lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest/ posttest kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 001 Sei Beduk Batam tahun pelajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini diambil dua kelas, 1 kelas sebagai kelas kontrol yang memperoleh pcm bcl ajaran konvensional dan 1 kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran dengan metode demonstrasi. Instrumen yang digunakan berupa soal tes pemahaman konsep tentang siklus air dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Analisis data dilakukan terhadap rata-rata pretest, posttest, lembar observasi aktivitas belajar siswa, dan gain ternormalisasi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa peningkatan pemahaman konsep TPA dan aktivitas belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode demonstrasi lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Pembelajaran dengan metode demonstrasi terbukti lebih efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA dan aktivitas belajar siswa.
Actions (login required)
View Item |