Peningkatan Pemahaman Konsep IPA Dan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Demonstrasi Pada Siswa Kelas V SDN 001 Sei Beduk Batam

Susilawati, (2018) Peningkatan Pemahaman Konsep IPA Dan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Demonstrasi Pada Siswa Kelas V SDN 001 Sei Beduk Batam. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43512.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada hasil studi pendahuluan yang menunjukkan bahwa pemahaman konsep IPA pada materi siklus air masih rendah dan aktivitas belajar siswa juga masih banyak didominasi oleh guru. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan pemahaman konsep IPA dan aktivitas belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode demonstrasi lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest/ posttest kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 001 Sei Beduk Batam tahun pelajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini diambil dua kelas, 1 kelas sebagai kelas kontrol yang memperoleh pcm bcl ajaran konvensional dan 1 kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran dengan metode demonstrasi. Instrumen yang digunakan berupa soal tes pemahaman konsep tentang siklus air dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Analisis data dilakukan terhadap rata-rata pretest, posttest, lembar observasi aktivitas belajar siswa, dan gain ternormalisasi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa peningkatan pemahaman konsep TPA dan aktivitas belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode demonstrasi lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Pembelajaran dengan metode demonstrasi terbukti lebih efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA dan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43512.pdf
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep IPA, aktivitas belajar siswa, metode demonstrasi, understanding of science concept, student learning activity, demonstration method
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.01 Public Schools (Sekolah Negeri)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 23 May 2019 07:21
Last Modified: 31 May 2019 06:35
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8468

Actions (login required)

View Item View Item