Indriawinahyusari, Shanty (2018) Penerapan Pembelajaran Ajumamima Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tentang Energi Panas Dan Alternatif Siswa Kelas IV Di SDN Tanah Kalikedinding VIII Surabaya. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43713.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Salah satu materi IPA yang banyak ditemukan dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari adalah tentang energi panas dan alternatif. Pembelajaran pengajuan masalah dan mind mapping tentang energi panas dan altematif ini menekankan pada kemampuan siswa berpikir tingkat tinggi dan menggunakan masalah kontekstual sebagai titik awal dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan perangkat pembelajaran IPA ajumamima (pengajuan masalah dan mind mapping) diharapkan mampu meningkatkan pemahaman materi bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah : (l) Menyediakan perangkat pembelajaran ajumamima yang layak untuk mengajarkan tentang energi panas dan alternatif. (2) Mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran ajumamima tentang energi panas dan alternatif. (3) Mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ajumamima tentang energi panas dan alternatif. (4) Mengetahui perbedaan hasil belajar yang menggunakan pembelaJaran ajumamima dengan pembelajaran konvensional materi energi panas dan alternatif. Penelitian ini dilakukan pada semester 2 tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah populasi 60 siswa. Subjek penelitian adalah kelas IV A dan kelas IV C SON Tanah Kalikedinding VIII Surabaya, dimana kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IV C sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang berorientasi pada metode ajumamima tentang energi panas dan altematif yaitu berupa rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja siswa dan tes hasil belajar yang berkualitas baik. Analisis dengan uji T diperoleh : (1) Perangkat pembelajaran ajumamima yang dihasilkan adalah berkualitas baik. (2) Penggunaan metode ajumamima mempengaruhi tingginya aktivitas siswa dalam pembelajaran. (3) Pembelajaran IPA tentang energi panas dan alternatif dengan metode ajumamima dinyatakan tuntas. (3) Adanya peningkatan signifikan terhadap hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran IPA tentang energi panas dan alternatif menggunakan metode ajumamima.
Actions (login required)
View Item |