Penerapan Pembelajaran Ajumamima Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tentang Energi Panas Dan Alternatif Siswa Kelas IV Di SDN Tanah Kalikedinding VIII Surabaya

Indriawinahyusari, Shanty (2018) Penerapan Pembelajaran Ajumamima Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tentang Energi Panas Dan Alternatif Siswa Kelas IV Di SDN Tanah Kalikedinding VIII Surabaya. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43713.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Salah satu materi IPA yang banyak ditemukan dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari adalah tentang energi panas dan alternatif. Pembelajaran pengajuan masalah dan mind mapping tentang energi panas dan altematif ini menekankan pada kemampuan siswa berpikir tingkat tinggi dan menggunakan masalah kontekstual sebagai titik awal dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan perangkat pembelajaran IPA ajumamima (pengajuan masalah dan mind mapping) diharapkan mampu meningkatkan pemahaman materi bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah : (l) Menyediakan perangkat pembelajaran ajumamima yang layak untuk mengajarkan tentang energi panas dan alternatif. (2) Mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran ajumamima tentang energi panas dan alternatif. (3) Mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ajumamima tentang energi panas dan alternatif. (4) Mengetahui perbedaan hasil belajar yang menggunakan pembelaJaran ajumamima dengan pembelajaran konvensional materi energi panas dan alternatif. Penelitian ini dilakukan pada semester 2 tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah populasi 60 siswa. Subjek penelitian adalah kelas IV A dan kelas IV C SON Tanah Kalikedinding VIII Surabaya, dimana kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IV C sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang berorientasi pada metode ajumamima tentang energi panas dan altematif yaitu berupa rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja siswa dan tes hasil belajar yang berkualitas baik. Analisis dengan uji T diperoleh : (1) Perangkat pembelajaran ajumamima yang dihasilkan adalah berkualitas baik. (2) Penggunaan metode ajumamima mempengaruhi tingginya aktivitas siswa dalam pembelajaran. (3) Pembelajaran IPA tentang energi panas dan alternatif dengan metode ajumamima dinyatakan tuntas. (3) Adanya peningkatan signifikan terhadap hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran IPA tentang energi panas dan alternatif menggunakan metode ajumamima.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43713.pdf
Uncontrolled Keywords: Pengajuan Masalah (Problem Posing), Mind Mapping (Peta Pikiran), Ajumamima (Pengajuan masalah dan mind mapping), Energi Panas dan alternatif, Hasil Belajar, Aktivitas, Problem Posing, Mind Mapping, Ajumamima (Filing of matters and mind mapping), Hot and Alternative Energy, Learning Outcomes, Activities.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.01 Public Schools (Sekolah Negeri)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 24 May 2019 04:22
Last Modified: 24 May 2019 04:22
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8473

Actions (login required)

View Item View Item