Pengaruh Tayangan Multimedia Interaktif Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPA Di SDN 1 Arjasa Kabupaten Situbondo

Suprigati, Lilis (2018) Pengaruh Tayangan Multimedia Interaktif Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPA Di SDN 1 Arjasa Kabupaten Situbondo. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43563.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Materi lP A yang ada di sekolah dasar kelas IV sangatlah banyak, untuk itu penyampaian materi harus lebih berkesan dan menarik agar siswa lebih memahami materi pelajaran. Upaya yang dilakukan guru agar siswa dapat memahami materi pelajaran yaitu menggunakan alat peraga atau yang sering disebut dengan media. Perlu penggunaan media yang bervariatif untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran. Motivasi belajar dapat ditingkatkan dengan lebih kreatif bagi guru khususnya pada saat pembelajaran sehingga materi pelajaran akan cepat dipahami oleh siswa dan hasil belajar siswa yang diharapkan meningkat. Dengan animasi tersebut diharapkan menambah pemahaman serta memotivasi siswa untuk belajar k.arena penyajian materi yang menarik. Ketika siswa termotivasi untuk belajar maka basil belajar siswa akan meningkat. Multimedia interaktif adalah salah satu media yang mengutamakan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Siswa mempelajari materi secara mandiri serta dapat secara langsung mengevaluasi hasil belajar mereka karena didalamnya sudah terdapat latihan soal dan evaluasi. Pendekatan penelitian menggunakan expost de facto. Dengan pengumpulan data menggunakan tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kuantitatif dengan rumus product moment dan regresi linear berganda. Simpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian dan pembahasan adalah sebagai berikut: Terdapat ada pengaruh sedang 0,615 Tayangan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar siswa kelas IV Mata Pelajaran IPA di SDN I Arjasa Kabupaten Situbondo. Berapa besar pengaruh Tayangan multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas IV Mata Pelajaran IPA di SDN I Arjasa Kabupaten Situbondo. Ada pengaruh Tinggi sebesar 0,889 penggunaan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV Mata Pelajaran IPA di SDN I Arjasa Kabupaten Situbondo Tahun pelajaran 2016/2017. Ada pengaruh sedang sebesar 0,694 Tayangan multimedia interaktif dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas IV Mata Pelajaran IPA di SDN I Arjasa Kabupaten Situbondo.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43563.pdf
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, Motivasi belajar, Hasil belajar, Interactive Multimedia, Learning Motivation, Learning Outcomes
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.01 Public Schools (Sekolah Negeri)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 27 May 2019 03:39
Last Modified: 27 May 2019 03:43
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8485

Actions (login required)

View Item View Item