Pengembangan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar

Rohati, Ida (2017) Pengembangan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43488.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dengan pokok bahasan perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa sekolah dasar. Lokasi yang digunakan untuk melakukan penelitian adalah di SDN Budikarya sebagai kelas eksperimen dan SDN Ciburial sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini ada empat macam data yang digunakan yaitu tes, observasi, angket dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan selama satu bulan yaitu pada bulan April 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Variabel yang digunakan dalam adalah Contextual Teaching and Learning sebagai variable bebas sedangkan motivasi dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif (Hasil analisis data menunjukan bahwa ada pengaruh positif penggunaan metode pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Budikarya. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) mempunyai pengaruh yang lebih baik dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi jika dibandingkan dengan kegiatan pembelajaran biasa. Perbedaan motivasi dan hasil belajar muncul karena adanya perlakuan yang berbeda dalam hal model pembelajaran yang dilakukan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43488.pdf
Uncontrolled Keywords: kontekstual, Motivasi, Hasil Belajar, Contextual l"eachinx and reaming, Motivation, Learning Outcomes.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.102 Teaching (Pendidikan, Pengajaran)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 27 May 2019 06:21
Last Modified: 27 May 2019 06:21
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8488

Actions (login required)

View Item View Item