Utari, Tri (2018) Pengaruh Penerapan Strategi Paikem Gembrot (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira Dan Berbobot) Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Sekolah Dasar Di Desa Dandong Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43605.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Penerapan metode pembelajaran oleh para guru yang mengajar sekolah dasar di Desa Dandong Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar saat ini masih menggunakan metode pembelajaran dengan berceramah dalam penyampaian materi, padahal sudah dijelaskan bahwasanya dalam proses pembelajaran siswa merupakan pusat pembelajaran dan guru sebagai fasilitator. Guru juga memiliki peran dalam pengo lab kurikulum yaitu guru bertanggung jawab antara lain membuat perencanaan mengajar (rencana tahunan, rencana bulanan, rencana permulaan mengajar dan rencana harian), baik dalam bentuk perencanaan unit maupun dalam pembuatan model satuan pelajaran. Namun saat ini, siswa masih menghafal materi yang telah disampaikan dan seringkali tidak: memahami secara mendalam materi yang telah dipelajari. Maka dari itu, guru diharapkan mampu mengubah sistem pembelajaran yang awalnya berorientasi pada guru menjadi sistem pembelajaran yang menekankan kepada siswa aktif. Oleh sebab itu, perlu adanya penerapan strategi lain yang mampu menumbuhkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Matematika agar mampu menunjang hasil belajar siswa. Salah 'Satu strategi yang dapat diterapkan untuk menumbuhkan minat belajar siswa yaitu dengan menggunakan metode Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira dan Berbobot (Paikem Gembrot). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan strategi Paikem Gembrot terhadap minat dan hasil belajar Matematika siswa kelas III sekolah dasar di Desa Dandong Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. Hasil penelitian berdasarkan data yang telah dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji beda rataan (Uji-t) menunjukkan bahwa nilai signifikansi minat belajar sebesar 0,003 dan nilai signifikansi hasil belajar 0,002 yang berarti < 0,05, sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan strategi Paikem Gembrot berpengaruh secara signifikan terhadap minat dan hasil belajar Matematika siswa kelas III sekolah dasar di Desa Dandong Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar.
Actions (login required)
View Item |