Suhartatik, (2017) Pengembangan Buku Ajar IPS Kontekstual Kelas IV Sekolah Dasar Di Kabupaten Blitar. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43614.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada hasil pengamatan peneliti terhadap guru – guru kelas IV gugus V Kecamatan Talun. Oleh sebab itu pengembang bermaksud untuk mengembangkan produk buku ajar IPS kontekstual kelas IV guna membantu mengatasi masalah yang ada di SD Negeri Pasirharjo 02 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar terkait dengan bahan ajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar IPS Kelas IV sehingga dihasilkan prototype bahan ajar IPS Kontekstual Kelas IV Sekolah Dasar di Kabupaten Blitar yang valid, praktis, dan efektif pada siswa SD Kelas IV di Kabupaten Blitar. Pengembangan yang dilakukan menggunakan pengembangan model 40 dari Thiagarajan, Semmel & Semmel. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah kevalidan, kepraktisan, kemenarikan dan keefektifan bahan ajar. Bahan ajar yang dihasilkan dalam penelitian ini setelah melalui validasi dari validator ahli dan validator praktisi memperoleh penilaian dengan predikat valid, layak, menarik dan praktis. Prosentase hasil penilaian dari para ahli untuk buku ajar 99,29% valid dan layak digunakan, RPP 96,42 %valid dan layak digunakan, tes penguasaan materi 97,22% valid dan Ia yak digunakan, kemenarikan 88,23 % menarik dan layak digunakan, kepraktisan 88,89% praktis untuk digunakan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini sudah baik dan layak untuk digunakan.
Actions (login required)
View Item |