Sumedi, (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Pembelajaran IPA Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Sekecamatan Jabung. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43874.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk rnemperoleh informasi tentang pengaruh model NHT terhadap kemarnpuan pemahaman konsep rnateri pelaran IPA di tinjau dari motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas V sekecamatan Jabung, dengan sampel penelitian terdiri dari dua kelas. Kelas eksperirnen adalah kelas yang belajar materi IPA menggunak:an model NHT dan kelas kontrol adalah kelas yang belajar materi IPA menggunakan model Direct Instruction (DI). Instrument yang diguanakan dalam mengumpulkan data kemampuan pemahaman konsep materi IPA adalah bentuk tes uraian dan untuk motivasi belajar menggunakan angket. Data hasil tes dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep peserta didik antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dengan kelas yang menggunakan model Direct Intruction, (2) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep peserta didik antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together pada peserta didik yang memiliki Motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah, dan (3) tidak terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together dengan Motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 43874.pdf |
Uncontrolled Keywords: | NHT, Understanding, Concepts and Motivation NHT, Pemahaman, Konsep dan Motivasi |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 22 Oct 2019 06:47 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 04:10 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8733 |
Actions (login required)
View Item |