Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Terhadap Peningkatan Keterampilan Berkomunikasi Peserta Didik

Rohaeti, Lilis (2019) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Terhadap Peningkatan Keterampilan Berkomunikasi Peserta Didik. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42800.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (17MB) | Preview
Official URL: http://repository.ut.ac.id

Abstract

kemampuan berkomunikasi dalam proses pembelajaran merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan, dengan cara pemilihan model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran yang digunakan di Indonesia selama ini berpusat pada guru. Salah satunya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat digunakan untuk melatih kemampuan kerjasama peserta didik dan menyelesaikan tugas-tugas akademik serta dapat meningkatkan kemampuan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran kooperatifjigsaw terhadap peningkatan keterampilan berkomunikasi peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Aspek-aspek (indikator) keterampilan berkomunikasi peserta didik yang diteliti meliputi: aspek pemahaman, ketegasan yang konstruktif, respons yang empati, dan aspek pemecahan masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Analisis penelitian menggunakan uji independen t-test dan uji sampel berpasangan. Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif jigsaw memberikan peningkatan yang signifikan terhadap keterampilan peserta didik dalam berkomunikasi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (JPS). Berdasarkan hasil perhitungan dapat diketahui pula bahwa kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw yang diterapkan pada kelas eksperimen memperoleh nilai N-gain yang tinggi (0,73 dan 0,81), sedangkan pada kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional memberikan nilai N-gain yang sedang (0,49 dan 0,51 ). Hasil penelitian ini merekomendasikan model pembelajaran kooperatif jigsaw sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi peserta didik pada mata pelajaran JPS.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43800.pdf
Uncontrolled Keywords: Jigsaw Cooperative Learning Model, Communication Skill Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw, Keterampilan Berkomunikasi
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.6 Language Skills for Elementary Education (Kemampuan Berbahasa untuk Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.8 Other Studies for Elementary Education (Lain-lain untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 12 Nov 2019 08:47
Last Modified: 05 Dec 2023 07:31
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8798

Actions (login required)

View Item View Item