Strategi Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas VI

Ferawaty, Revi (2019) Strategi Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas VI. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43845.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview
Official URL: http://repository.ut.ac.id

Abstract

IPA merupakan salah satu rnata pelajaran penting bagi siswa, namun penerapan strategi guru yang tidak efektif pada mata pelajaran IPA berdampak pada basil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru yang meliputi proses perencanaan, pelaksanaan strategi, dan evaluasi strategi dalam rangka meningkatkan basil belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi, sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa basil belajar siswa SDN 210 Babakan Sinyar, SDN 160 Sukalaksana, dan SDN 116 Cicaheum Gugus 29 Kiaracondong Bandung pada mata pelajaran IPA lebih rendah dibandingkan mata pelajaran lainnya. Pada tahap perencanaan strategi pembelajaran dilakukan tahapan-tahapan antara lain identifikasi dan menetapkan spesifikasi serta kualifikasi, identifikasi strategi, dan penetapan strategi. Pada pelaksanaannya, strategi pembelajaran inovatif yang diterapkan adalah metode lagu dan gambar. Strategi tersebut mampu menarik minat siswa untuk belajar IP A sehingga berimplikasi pada peningkatan hasil belajar siswa. Kelebihan strategi ini adalah menggunakan media yang sederhana, murah dan mudah didapat, sedangkan hambatannya adalah kemampuan siswa dalam menggambar dan membuat lirik yang berbeda-beda, sehingga siswa yang tidak bisa menggambar akan cenderung pasif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43845.pdf
Uncontrolled Keywords: Teacher Strategy, Student Learning Outcomes, Science Learning Strategi Guru, Hasil Belajar siswa, Pembelajaran IPA
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 13 Nov 2019 08:52
Last Modified: 13 Nov 2019 08:52
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8805

Actions (login required)

View Item View Item