Susmiyati, (2019) Pengembangan Media Animasi dalam Pembelajaran untuk Peningkatan Penguasaan Koosep Dasar Matematika Siswa Kelas V di SDN Puspanegara 05 Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43876.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) | Preview |
Abstract
Matematika merupakan mata pelajaran yang menakutkan bagi sebagian besar pesrta didik. Kenyataan menunjukkan bahwa penguasaan konsep dasar matematika peserta didik masih lemah. Salah satu faktor lemahnya penguasaan konsep dasar matematika adalah cara penyampaian pelajaran yang monoton dan kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran matematika. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan produk media animasi dalam pembelajaran untuk meningkatan penguasaan konsep dasar matematika peserta didik pokok bahasan pengukuran jarak, waktu dan kecepatan kelas 5 yang valid, praktis dan efektif Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Subjek uji coba adalah semua peserta didik kelas 5 SD Negeri Puspanegara 05 Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor dari bulan Maret - Juli 2018. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil validasi skor rata-rata yang diperoleh dari validator ahli dan validator praktisi untuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP), Media Pembelajaran, dan tes penguasaan materi untuk semua indikator adalah 3,5; 3,5; 3,6 sehingga memenuhi kriteria valid yang ditetapkan yaitu 3 ::S Vk < 4. Hasil perolehan skor rata-rata untuk observasi keterlaksanaan media pembelajaran 3,7 juga telah memenuhi kriteria kepraktisan yang ditetapkan yaitu 3 ::S .o. k < 4. Media pembelajaran memenuhi kriteria efektif dengan basil observasi aktifitas peserta didik sebesar 3,8. menunjukkan bahwa produk media pembelajaran dapat meningkatkan penguasaan konsep dasar matematika peserta didik ditunjukkan oleh jumlah persentase peserta didik pada kelas kontrol yang memenuhi nilai ketuntasan pada saat pre-test sebesar 67%, sedangkan pada saat post-test sebesar 77%, artinya mengalami kenaikan sebanyak I 0%. Sedangkan jurnlah persentase peserta didik pada kelas eksperimen yang memenuhi nilai ketuntasan pada saat pre-test sebesar 70%, sedangkan pada saat post-test sebesar 85%. Hal tersebut menunjukkan bahwa media animasi efektif dalam pembelajaran. Dengan demikian media animasi dalam pembelajaran yang dikembangkan sudah memenuhi tiga kriteria yaitu valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 43876.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Learning Media, Animation, Basic Concepts Mathematics, Media Pembelajaran, Animasi, Konsep Dasar Matematik |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 07 Jan 2020 09:40 |
Last Modified: | 04 Dec 2023 06:13 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8825 |
Actions (login required)
View Item |