Pengaruh Strategi Pembelajaran CTL Terintegrasi Eksperimen Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Kecamatan Ciambar Kabupaten Sukabumi

Suryanto, Anton (2018) Pengaruh Strategi Pembelajaran CTL Terintegrasi Eksperimen Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Kecamatan Ciambar Kabupaten Sukabumi. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43729.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian Eksperimen ini bertujuan untuk membandingkan penggunaan strategi pembelajaran CTL terintegrasi eksperimen dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA kelas V SD di Kecamatan Ciambar Kabupaten Sukabumi. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Kecamatan Ciambar Sukabumi sebanyak 254 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik multigstage random sampling. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen, dengan desain treatment by level 2x2. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan sampling Purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi CTL terintegrasi eksperimen dan motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V SD. Hasil ini menunjukkan bahwa strategi CTL terintegrasi eksperimen dapat dijadikan sebagai salah satu upaya dalam mengembangkan kemampuan belajar IPA kelas V SD. Oleh karena itu guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan yang bervariasi dalam memberikan pembelajaran untuk dapat meningkatkan hasil belajar IP A kelas V SD dalam hat ini pada poko bahasan fotosintesis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43729.pdf
Uncontrolled Keywords: strategi CTL terintegrasi eksperimen, motivasi belajar dan hasil belajar IPA peserta didik kelas V SD
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.9598 Elementary Education in Indonesia (Pendidikan Dasar di Indonesia)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 04 Mar 2020 02:41
Last Modified: 04 Mar 2020 02:41
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8908

Actions (login required)

View Item View Item