Suryani, Tati Elis (2018) Pengaruh Strategi Pembelajaran (Kontekstual dengan Konvensional) dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN Cikumpa Kecamatan Sukmajaya Kota Depok. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43882.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran (kontekstual dengan konvensional) dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPA kelas V. Metode yang digunakan dalarn penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan rancangan desain faktorial 2 x 2. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDN Cikumpa dengan jumlah sampel 76 siswa yang terbagi ke dalam dua kelas. Permilihan kelas sampel dilakukan menggunakan metode simple Random sampling yang kemudian dihitung berdasarkan klasifikasi Kelly sebanyak 27% pada masing-masing tingkat motivasi belajar. Kelas pertama merupakan kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran kontekstual dan kelas kedua merupakan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran secara konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kelompok siswa yang belajar menggunakan pembelajaran kontekstual memperoleh nilai lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang menggunakan pembelajaran secara konvensional 2) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang memiliki motivasi belajar kuat dan motivasi belajar lemah 3) Pada kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar kuat, strategi belajar yang paling tepat digunakan adalah strategi pembelajaran kontekstual. 4) Pada kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar lemah, strategi belajar yang paling tepat digunakan adalah strategi pembelajaran secara konvensional. 5) Terdapat interaksi antara strategi pernbelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPA. Jadi, Siswa yang memiliki motivasi belajar kuat mendapatkan nilai Jebih baik pada pembelajaran IPA saat menggunakan strategi pembelajaran kontekstual, sedangkan siswa yang memiliki motivasi belajar lemah mendapatkan nilai lebih baik pada pembelajaran IPA saat menggunakan pernbelajaran secara konvensional. Oleh karena itu, strategi pembelajaran kontekstual tidak selamanya baik digunakan untuk pembelajaran IPA. Hal tersebut tergantung dari motivasi belajar yang dimiliki siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 43882.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Contextual teaching strategy, Conventional teaching strategy,students learning motivation,Studying Science result,Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Konvensional, Motivasi Belajar, Hasil belajar IPA |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 04 Mar 2020 03:10 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 03:10 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8909 |
Actions (login required)
View Item |