Sikumbang, Desnawati (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Dan Reciprocal Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di SDN Padangsidimpuan Utara. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43927.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Inquiry dan Reciprocal terhadap hasil belajar IPA, Penelitian ini merupakan penelitian ekspenmen semu. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas: V dt SDN Padangsidimpuan utara Teknik penentuan sampel menggunakan Sampling Purposive sehingga ditentukan sarnpel penelitian hanya dua kelas yaitu kelas yang di SDN 200101 Padangsidimpuan dan di SDN 200108 Padangsidimpuan. instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar IPA Analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan satu arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Inquiry terhadap hasil belajar IPA siswa; (2) terdapat pengaruh model pembelajaran Reciprocal terhadap hasil belajar IPA siswa, dan (3) hasil belajar IPA siswa yang menggunakan model pembelajaran Inquiry lebih tinggi daripada model pembelajaran Reciprocal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 43927.pdf |
Uncontrolled Keywords: | science learning outcomes, lnquiry Learning Models, Reciprocal Learning Models,hasil belajar IPA, Model Pembelajaran Inquiry, Model Pembelajaran Reciproal |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 20 Mar 2020 02:39 |
Last Modified: | 09 Feb 2021 03:15 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8941 |
Actions (login required)
View Item |