Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Dan Reciprocal Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di SDN Padangsidimpuan Utara

Sikumbang, Desnawati (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Dan Reciprocal Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di SDN Padangsidimpuan Utara. Masters thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Inquiry dan Reciprocal terhadap hasil belajar IPA, Penelitian ini merupakan penelitian ekspenmen semu. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas: V dt SDN Padangsidimpuan utara Teknik penentuan sampel menggunakan Sampling Purposive sehingga ditentukan sarnpel penelitian hanya dua kelas yaitu kelas yang di SDN 200101 Padangsidimpuan dan di SDN 200108 Padangsidimpuan. instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar IPA Analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan satu arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Inquiry terhadap hasil belajar IPA siswa; (2) terdapat pengaruh model pembelajaran Reciprocal terhadap hasil belajar IPA siswa, dan (3) hasil belajar IPA siswa yang menggunakan model pembelajaran Inquiry lebih tinggi daripada model pembelajaran Reciprocal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43927.pdf
Uncontrolled Keywords: science learning outcomes, lnquiry Learning Models, Reciprocal Learning Models,hasil belajar IPA, Model Pembelajaran Inquiry, Model Pembelajaran Reciproal
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 20 Mar 2020 02:39
Last Modified: 20 Mar 2020 02:39
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8941

Actions (login required)

View Item View Item