Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pelajaran IPA Tahun Pelajaran 2017/2018 Siswa Kelas VI SD Negeri 020 Tahun Grogot

Suraji, (2018) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pelajaran IPA Tahun Pelajaran 2017/2018 Siswa Kelas VI SD Negeri 020 Tahun Grogot. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43915.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang kerap terjadi yaitu pada saat siswa mengikuti proses pembelajaran banyak yang mengalami kesulitan memahami materi pelajaran karena pelajaran yang disampaikan oleb guru berpusat pada guru (teacher center) sehingga siswa pasif dalam pembelajaran, banya mendengarkan yang disampaikan oleb guru, sebingga basil ujian nasional (UN) mata pelajaran IP A di SD Negeri 020 Tanah Grogot Kabupaten Paser selama 3 tahun terakhir nilai rata-ratanya adalah 60.11 tahun 2015, 60.25 tahun 2016, dan 66.00 tahun 2017. Hasil Ulangan Akhir Semester (UAS) I tahun pelajaran 2017/2018 nilai rata-rata untuk mata pelajaran IPA di kelas VI A 67,14 dan di kelas VI B 65,25 masih dibawah standar nasional dan banyak mengalami kendala-kendala dalam proses pembelajaran seperti guru kurang bervariasi dalam menggunakan metode belajar, siswa tidak terbiasa belajar kelompok, kurang dorongan dan minat siswa untuk belajar. Berdast'lrkan permasalahan yang terjadi maka tujuan penelitian ini untuk menganalis apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap peningktan Hasil Belajar Pelajaran IPA Tahun Pelajaran 2017/2018 Siswa Kelas VI SD Negeri 020 Tanah Grogot Kabupaten Paser pada Pelajaran IPA Materi Energi dan Perubahannya. Untuk menjawab pennasalahan yang ada maka metode penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara pretest dan postest yang mana hasilnya akan diakumulasi dalam bentuk persentase %. Hasil peneilitian yang telah dilakukan menunjukkn bahwa basil belajar siswa dari basil postes 1 20%, postes 2 20%,postes 3 20% dan basil ulangan barian 40 % baik kelas eksperimen/perlal.'Uan maupun kelas kontrol. Nilai yang diperoleb dari pembelajaran discovery learning pada kelas eksperimen/perlakuan nilai rata-rata basil belajar 79,23, nilai tertinggi 93,4 nilai terendah 65,8. Pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran langsung nilai hasil belajar siswa rata-rata 63,59, nilai tertinggi 81,6, nilai terendah 46,2. Dengan demikian dari hasil penelitian diperoleh bahwa basil belajar pelajaran IPA model discovery learning sangat signifikan dan berpengaruh terbadap basil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43915.pdf
Uncontrolled Keywords: Learning learning discovery learning model, Model pembelajaran discovery learning hasil belajar.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 03 Feb 2021 07:13
Last Modified: 03 Feb 2021 07:13
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9209

Actions (login required)

View Item View Item