Rahmaniah, (2018) Program Pascasarjana Universitas Terbuka 2018. Penerapan Pendekatan Saintifik Oleh Guru Dalam Pembelajaran Tema Indahnya Keragaman di Negeriku di Kelas IV SDN 004 Tanah Grogot. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43908.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang kerap dihadapi oleh guru di sekolah adalah penerapan pendekatan sainstifik dalam pembelajaran hal itu disebabkan oleh kurangnya pemahaman guru dalam mendesain pembelajaran berbasis pendekatan sainstifik mulai dari merencanakan,melaksanakan hingga mengevaluasi pembelajaran. Berdasarkan masalah tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk:(l) mendeskripsikan kegiatan guru dalam merencanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku di kelas IV A, IVB dan IVC SDN 004 Tanah Grogot. (2) mendeskripsikan kegiatan guru dalam melaksanakan pendekatan saintifik pada tema Indahnya Negeriku di Kelas IV A, IVB dan IVC SDN 004 Tanah Grogot. (3) Mengetahui kendala apa yang dihadapi guru dalam melaksanakan pendekatan saintifik pada tema Indahnya keragaman siswa kelas IV A, IVB dan IVC SDN 004 Tanah Grogot.Populasi dalam penelitian ini adalah guru kelas IVA, IVB dan IVC semester genap SD Negeri 004 Tanah Grogot tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 70 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 3 guru. Hasil penelitian diperoleh: (1) Kegiatan guru dalam merencanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku di kelas IV A, IVB dan IVC SDN 004 Tanah Grogot disusun oleh masing-masing guru, dan seluruh RPP tersebut sudah memenuhi hampir sebagian besar kriteria muatan komponen RPP seperti yang tercantum dalam Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. (2) Kegiatan guru dalam melaksanakan pendekatan saintifik pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku di Kelas IVA, IVB dan IVC SDN 004 Tanah Grogot melaksanakan pembelajaran sesuai tema (pembelajaran berbasis tematik integratif), guru menggunakan langkah-langkah pembelajaran berupa pendekatan ilmiah (pendekatan scientific), dan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan konsep dasar pembelajaran pada Kurikulum 2013 yaitu model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Namun untuk mata pelajaran Agama, PJOK dan matematika pembelajaran dilaksanakan tidak sesuai dengan alokasi yang telah ditentukan karena banyaknya muatan materi yang harus dikuasai siswa secara sekaligus. (3) Kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan pendekatan saintifik pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku siswa kelas IV A, IVB dan IVC SDN 004 Tanah Grogotadalah: 1) terkait perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, (3) pelaksanaan proses pembelajaran, (4) ketercapaian belajar siswa, dan (5) penilaian pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa pengajaran dengan pendekatan saintifik sangat bagus diterapkan di kelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 43908.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Sainstific aprouch, output learn,Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 03 Feb 2021 07:44 |
Last Modified: | 03 Feb 2021 07:44 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9210 |
Actions (login required)
View Item |