Pengembangan Media 3 Dimensi (3D) Berbasis Virtual Reality untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD

Dewi, Ressi Kartika and Suryani, Nunuk and Adji, Sandra Sukmaning (2020) Pengembangan Media 3 Dimensi (3D) Berbasis Virtual Reality untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
530007622 - 44404.pdf

Download (14MB)

Abstract

Pembelajaran berbasis IT pada abad 21 ini kita sebagai tenaga pengajar harus siap dalam menghadapi era 4.0. yang diindikasikan dengan kemajuan ICT. Perlu dikembangkan media pembelajaran yang berbasis teknologi untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif, inovatif, bersifat konkrit dan menyenangkan membangkitkan minat siswa khususnya materi IPA. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendiskripsikan kondisi awal minat dan basil pembelajaran TPA tentang proses siklus air pada siswa kelas V SD; (2) Menjelaskan prosedur untuk menghasilkan media pembelajaran 3 dimensi (3D) berbasis virtual reality pada materi IP A siswa kelas V SD yang valid, praktis, dan efektif; (3) Mendiskripsikan keefektifan media pembelajaran 3 dimensi (3D) berbasis virtual reality untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi "Proses Siklus Air" untuk kelas V SD. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan (Research and Development) model ADDlE yang terdiri dari analisis (Analysis), desain (Design),pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Penelitian dilaksanakan terhadap siswa yang tersebar di 7 sekolah dasar, yaitu 1 sekolah uji coba, 3 sekolah kontrol, 3 sekolah eksperimen di Kecamatan Tasikmadu Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, wawancara dan tes. Teknik analisis data berupa anal isis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kondisi awal pembelajaran menunjukkan adanya minat dan hasil belajar IPA materi "Proses Siklus Air" masih kurang memuaskan, hal ini dikarenakan guru belum maksima] dalam penggunaan media pembelajaran khususnya mengunakan TT dan masih cenderung menggunakan pembelajaran yang konvensional; (2) Prosedur penyusunan media pembelajaran 3 dimensi (3D) berbasis virtual reality dilaksanakan melalui tahap anal isis (Analysis),desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (implementation),dan evaluasi (Evaluation). Proses penyusunan media pembelajaran diwujudkan dalarn bentuk PowerPoint berbasis virtual reality yang menggunakan kacamata 3D dan telah melalui tahap uji validasi yang meliputi uji validasi ahli materi, dan validasi aWi media yang telah dinyatakan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif; (3) Media pembelajaran 3 dimensi (3D) berbasis virtual reality efektif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD materi "Proses Siklus Air". Ada perbedaan minat dan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran 3D berbasis virtual reality. Dari rata-rata yang semula 52,95 diperoleh capaian rata-rat baru sebesar 82,05. Artinya pelaksanaan media pembelajaran 3 dimensi (3D) berbasis virtual reality efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44404.pdf
Uncontrolled Keywords: 3D media, virtual reality, motivation, achievement. Media 3D, Minat, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: Admin MMP UT
Date Deposited: 24 Apr 2021 06:59
Last Modified: 09 Jun 2021 06:22
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9299

Actions (login required)

View Item View Item