Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Siswa Kelas IV SDN Kusambi Hilir Kecamatan Lampihong Tahun Pelajaran 2013/2014

Amani, Mukhyar and Noor, Sugian (2014) Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Siswa Kelas IV SDN Kusambi Hilir Kecamatan Lampihong Tahun Pelajaran 2013/2014. LANDASAN (Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Kemasyarakatan), 9 (2). pp. 25-29. ISSN 1907-431X

[img]
Preview
Text
B0019-21.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar akan lebih bermakna jika prosesnya menyenangkan peserta didik dann terjadi penguatan (reinforcement) dari guru. Hal ini bertujuan untuk memberikan motivasi terhadap siswa. Motivasi siswa dalam proses pembelajaran dapat ditingkatkan melalui penerapan pendekatan pembelajaran. Penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Sehingga tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada bulan Nopember 2013 di SDN Kusambi Hlir Jalan Basio Jaya Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan pada Tahun Pelajaran 2013-2014. Jumlah siswa kelas IV di SDN Kusambi Hilir adalah 15 siswa, 4 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN Kusambi Hilir Jalan Basio Jaya. Penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas IV adalah dengan langkah-langkah observasi, prediksi, hipotesis, eksperimen, perolehan dan pemrosesan datan dan komunikasi.

Item Type: Article
Additional Information (ID): B0019-21.pdf
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Motivasi Belajar IPA
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.314 Motivation, Morale, Discipline (Motivasi, Moral, Displin)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 10 May 2021 07:06
Last Modified: 10 May 2021 07:06
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9327

Actions (login required)

View Item View Item