Amani, Mukhyar and Khairiah, Penggunaan Pendekatan Koopretatif Tipe Penyelidikan Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Perilaku On Task Siswa Kelas IV SD Negeri Banua Raya 1. In: Makalah Seminar Nasional "Meningkatkan profesionalitas tenaga pendidik dan kependidikan melalui penelitian ilmiah, 2010 juli, Kelompok kerja kepala sekolah Kecamatan Bajuin Kabupaten Tanah Laut.
|
Text
Makalah Seminar Nasional 2010.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan pengalaman mengajar di kelas IV SD Negeri Banua Raya 1. Khususnya ketika dilakukan pengamatan terhadapa proses pembelajaran IPA dengan materi gaya ketuntasan klasikal belum tercapai yaitu dari 20 siswa, baru 4 siswa (20%) yang tuntas. Artinya ini berada di bawah ketuntasan klasikal yang ditetapkan sekolah sebesar 70%. Selain itu, kegiatan or. task selama pembelajaran masih rendah, khususnya melakukan pengamatan, mencatat materi, membaca LKS, dan memperhatikan penjelasan guru. Jika hal ini dibiarkan maka berdampak pada rendahnya kualitas pembelajaran di sekolah. Berbagai upaya telah dilaksanakan untuk memperbaiki proses pembelajaran, jika proses pembelajaran dapat ditingkatkan maka akan berdampak perolehan hasil belajar. Salah satu cara yang mungkin dapat dilakukan adalah melaksanakan pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan Kooperatif Tipe Penyelidikan Kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dan perilaku on task siswa kelas IV SD Negeri Banua Raya 1 dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe penyelidikan kelompok, mengetahui deskripsi aktivitas siswa, hasil belajar dan hasil selama proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Banua Raya 1 terdiri dari 20 siswa. Laki-laki berjumlah 5 siswa dan perempuan berjumlah 15 siswa. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe penyelidikan kelompok dapat meningkatkan hasil belajar IPA dan perilaku on task siswa kelas IV SD Negeri Banua Raya 1. Indikator keberhasilan ini terlihat dari adanya peningkatan proses belajar dari siklus 1 (90%) dengan kategori baik ke siklus 2 (95%) kategori baik dan di siklus 3 (100%) dengan kategori baik. Hasil belajar juga mengalami peningkatan dari siklus 1 dengan ketuntasan klasikal 80%, meningkat ke siklus 2 menjadi 85%, dan di siklus 1 3 menjadi 90%. Pendekatan kooperatif tipe penyelidikan kelompok hendaknya dapat dijadikan sebagai pilihan dalam pembelajaran mata pelajaran IPA, karena pendekatan ini dapat membantu mengoptimalkan proses dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Additional Information (ID): | Makalah Seminar Nasional 2010.pdf |
Uncontrolled Keywords: | pendekatan kooperatif penyelidikan kelompok, gaya, SD Negeri Banua Raya 1 |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar) |
Divisions: | Koleksi Digital > Artikel |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 10 May 2021 07:23 |
Last Modified: | 10 May 2021 07:23 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9329 |
Actions (login required)
View Item |