ZEGA, AROSOKHI and Bintang, Salman and Toha, Mohamad (2018) Pengaruh Komunikasi Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SD Se-Kecamatan Botomuzoi Tahun 2017. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
0Cvr.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
456.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
123-j.pdf Download (12MB) |
||
|
Text
456.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Efektivitas komunikasi guru yang menunj ukkan kemampuan guru dalam berkomunikasi baik terhadap kepala sekolah, sesama guru maupun dalam pelaksanaan proses pendid ikan di dalam kelas terhadap siswa. Dalam mengelola organisasi sekolah, kepala sekolah menampilkan suatu gaya dalam memimpin dan mempengaruhi perilaku orang lain. Sehingga seorang kepala sekolah dapat memakai berbagai gaya kepemimpinan yang sesuai dengan lingkungan,karakteristik atau budaya organisasi sekolah itu sendiri. Kedua hal ini diprediksi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru. Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui pengaruh komunikasi terhadap kinerja guru di kecamatan Botomuzoi. 2) Untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru d i kecamatan Botomuzoi. 3) Untuk mengetahui pengaruh komunikasi dan gaya kepemimpinan secara bersama-sama terhadap kinerja guru di kecamatan Botomuzoi. Lokasi penelitian adalah sekolah dasar di kecamatan Botomuzoi tahun pelajaran 2017/2018 dengan subjek penelitian guru-guru sekolah dasar sebanyak 134 orang. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan tingkat eksplanasi asosiatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka peneliti dapat menyampaikan beberapa kesimpulan sebagai berikut: 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan komunikasi terhadap kinerja guru di kecamatan Botomuzoi dengan kontribusi sebesar 42,64% terhadap kinerja guru. 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru di kecamatan Botomuzoi dengan kontribusi sebesar 58,52% terhadap kinerja guru. 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan komunikasi dan gaya kepemimpinan secara bersama-sama terhadap kinerja guru di kecamatan Botomuzoi dengan kontribusi sebesar 58,82% terhadap kinerja guru . Berdasarkan kesimpulan penelitian maka peneliti mengajukan beberapa saran sebagai berikut: 1) Guru hendaknya meningkatkan komunikasi dengan kepala sekolah dan rekan kerja karena terbukti memiliki hubungan yang signifikan terhadap kinerja guru. 2) Kepala sekolah hendaknya menciptakan suasana kerja yang kondusif dengan gaya kepemimpinan yang dapat mengayomi guru dan lingkun gan kerjanya 3) Bagi peneliti berikutnya diharapkan agar dapat melanjutkan penel itian ini dengan menggunakan variabel yang lebih kompleks atau variabel-variabel lain yang dapat meningkatkan kinerja guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 44312.pdf |
Uncontrolled Keywords: | communication, leadership style, teacher performance , Komunikasi, Gaya Kepemimpinan, Kinerja Guru |
Subjects: | 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication (Komunikasi) 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303.34 Leadership (Kepemimpinan) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 31 May 2022 02:38 |
Last Modified: | 31 May 2022 02:38 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9728 |
Actions (login required)
View Item |