Pengaruh Strategi Pembelajaran Scientific Based Learning (Media Gambar dan Ceramah) dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Basil Belajar IPA Di SD Negeri Ciruas 2

RODIYAH, and Anwar Hadi Firdos Santosa, Cecep and Rumanta, Maman (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran Scientific Based Learning (Media Gambar dan Ceramah) dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Basil Belajar IPA Di SD Negeri Ciruas 2. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44136.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Rendahnya sebagian minat haca siswa pada pemhelajaran IPA di Sekolah Dasar Negeri Ciruas 2 karena kurangnya membaca cermat, siswa memperoleh nilai IPA tidak merata, penggunaan alat peraga IPA oleh guru belum maksimal. Penelitian ini hertujuan untuk mengetahui: (1) perhedaan hasil helajar IPA antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran scientific based learning media gamhar dengan siswa yang diajar dengan Strategi pembelajaran scientific based learning ceramah, (2) perbedaan hasil helajar IP A antara siswa yang memiliki motivasi helajar kuat dengan siswa yang memiliki rnotivasi helajar lemah, (3) siswa yang rnemiliki rnotivasi belajar kuat maka hasil belajar IP A lehih tinggi hila diajar dengan strategi pernhelajaran scientific based learning berhasis media gamhar dihandingkan dengan strategi pembelajaran scientific based learning ceramah, (4) siswa yang merniliki motivasi helajar lemah maka hasil helajar IPA lebih tinggi bila diajar dengan strategi pemhelajaran scientific based learning ceramah dibandingkan dengan strategi pemhelajaran scientific based learning media gambar, (5) terdapat pengaruh interaksi antara strategi pemhelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil helajar IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perhedaan hasil helajar siswa terhadap metode pemhelajaran. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif dengan perlakuan pemhelajaran dengan desain 2 x 2 anava dua jalur. Hasil Penelitian: (1) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang diajar dengan strategi pemhelajaran scientific based learning media gamhar dengan siswa yang diajar dengan strategi pemhelajaran scientific based learning ceramah, (2) Terdapat perbedaan hasil helajar IPA antara siswa yang memiliki motivasi belajar kuat dengan siswa yang memiliki motivasi helajar lemah, (3) siswa yang memiliki motivasi belajar kuat maka hasil belajar IPA lebih tinggi hila diajar dengan strategi pemhelajaran scientific based learning media gamhar dibandingkan dengan strategi pembelajaran scientific based learning ceramah, (4) siswa yang memiliki motivasi helajar lemah maka hasil belajar IP A lehih tinggi bila diajar dengan strategi pembelajaran scientific based learning ceramah dibandingkan dengan strategi pemhelajaran scientific based learning media gambar (5) terdapat pengaruh interaksi antara strategi pemhelajaran dengan motivasi helajar terhadap hasil helajar IPA.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44136.PDF
Uncontrolled Keywords: secientific based learning, students's motivation, and the results of natural secience, motivasi belajar siswa, dan hasil helajar IPA
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 14 Jul 2022 07:47
Last Modified: 27 Jul 2022 02:02
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9796

Actions (login required)

View Item View Item