Mengembangkan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Eksperimen Pembelajaran IPA Materi Cahaya Kelas 4 di Sekolah Dasar

FITRIYAH, MARTIN and Suratno, and Dyah Prastiti, Tri (2020) Mengembangkan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Eksperimen Pembelajaran IPA Materi Cahaya Kelas 4 di Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44355.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Metode Eksperimen merupakan salah satu metode yang banyak digunakan dalam pembelajaran Sains karena tujuan utama metode ini adalah menemukan kebenaran dari data / fakta yang dapat diamati atau diperoleh. Model pembelajaran inkuiri merupakan metode yang banyak dianjurkan karena mendorong siswa memecahkan masalah secara mandiri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Data yang digunakan dalam penelitian meliputi data kualitatif dan kuantitatif. Uji validasi model pembelajaran inkuiri dengan metode eksperimen pembelajaran IPA oleh para ahli materi, ahli media, dan ahli baasa menggunakan lembar angket yang kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan menggunakan skala likert dilanjutkan persentase validitas. Pelaksanaan proses pembelajaran pada materi perubahan wujud benda diamati oleh observer yaitu guru kelas dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan proses pembelajaran inkuiri dengan metode eksperimen dengan menggunakan lembar angket. Nilai hasil belajar atau evaluasi siswa menggunakan metode tes dengan model One Group Pretest-Posttest Design untuk mengentahui sejauh mana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi model pembelajaran inkuiri dengan metode eksperimen ditunjukkan dengan penilaian skor rata-rata kevalidan sebesar 85,05% (sangat valid), rata-rata kepraktisan sebesar 94,4% (sangat praktis), dan efektif dalam mengingatkan hasil belajar siswa. Jadi, model pembelajaran inkuiri dengan metode eksperimen pembelajaran IPA sangat layak dari segi valid, praktis, dan efektif

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44355.pdf
Uncontrolled Keywords: Developing Inquiry Learning Model With Experimental Metode, Mengembangkan Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Metode Eksperimen
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 15 Jul 2022 06:43
Last Modified: 25 Jul 2022 03:12
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9818

Actions (login required)

View Item View Item