Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Karakter Terintegrasi Dengan Program Sekolah Dasar Berbasis Proyek

SARWIJIYANTI, and Sukestiyarno, and AgusPribadi, Benny (2019) Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Karakter Terintegrasi Dengan Program Sekolah Dasar Berbasis Proyek. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44211.pdf

Download (35MB) | Preview

Abstract

Permasalahan merosotnya nilai karakter peserta didik dan kalangan remaja menimbulkan kekhawatiran bagi para pendidik. Pembelajaran pendidikan karakter dikalangan SD belum mencerminkan capaian perubahan tingkah laku karakter. Penelitian ini pembelajaran ini melalui kegiatan ekstrakurikuler untuk membawa peserta didik melakukan penguatan karakter dengan cara menentukan, merancang, menyusun jadwal, menyelesaikan masalah, melaporkan hasil proyek, dan evaluasi sesuai dengan karakter pembelajaran berbasis proyek. Tujuan penelitian ini untuk melaksanakan pembelajaran pendidikan karakter bagi guru, pembina ekstrakurikuler dan peserta didik yang terintegrasi dengan program sekolah, melalui pembelajaran yang di dalamnya menunumbuhkembangkan karakter disiplin dan tanggung jawab melalui pengamatan yang terkait dengan karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik. Produk dari pene1tian ini adalah perangkat pembelajaran berupa silabus pengintegrasian butir karakter peserta didik kelas 5 dan 6, RPP, LKS, Buku Siswa, dan Buku Panduan untuk pelakasanaan pendidikan karakter melalui kegiatan esktrakurikuler Kepramukaan, Drum band, dan Out bound. Perangkat pembelajaran yang praktis, dan efektif. Ruang lingkup penelitian ini adalah peserta didik SDN 3 Keling dengan responden para pelatih ekstra, peserta didik dan guru serta kepala sekolah. Dalam kegiatan pembelajarannya menerapkan model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP), pengintegrasian pendidikan karakter dilaksanakan selama proses pembelajaran dengan melakukan pengarnatan dengan instrumen pengamatan karakter disiplin dan tanggungjawab. Perubahan karakter diamati secara periodik pada setiap pembelajaran sesuai dengan indikator masing-masing karakter. Perubahan karakter diharapkan dapat berpengaruh pada peningkatan kemampuan unjuk kerja pada kegiatan pembe1ajaran Kepramukaan, Drum band, dan Out bound. Pada setiap program ekstrakrikuler dilakukan empat kali pertemuan dengan waktu 2 x 35 menit selarna 3 bulan dari bulan Maret sampai dengan Mei Tahun 2017. Data awal kegiatan Kepramukaan menunjukkan bahwa kondisi kemampuan unjuk kerja 1,68 karakter disiplin rataannya 1,76, untuk karakter tanggung jawab rataan 1,72 dari 4,00. Ekstra Drum band kemampuan unjuk kerja 1.44 menjadi 3,73. Validitas silabus 4,25 dari , RPP 4,02, LKS 3,95, buku siswa dan panduannya rata-rata skorya 3,93 dari validasi untuk soal tes rataannya 3,95 dari nilai maksimal 5,00. Hasil pengamatan karakter disiplin rataan 3,73dari skor maksimal 4,00, ada peningkatan signifikan sebesar 52,55%, dan tanggung jawab sebesar2,18 atau 55,89% berarti ada pengaruh positif karakter disiplin dan tanggung jawab terhadap unjuk kerja. Hasil pembelajaran ekstra tersebut berhasil sukses dan pembentukan karakter benar-benar tercipta.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44211.pdf
Uncontrolled Keywords: education, character, project-based, habituation, pendidikan karakter, berbasis proyek, dan eksktrakurikuler
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.33 Teori Pembelajaran & Pengembangan Bahan Ajar
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:30
Last Modified: 20 Jul 2022 07:26
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9837

Actions (login required)

View Item View Item