Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran yang Menggunakan Model Penemuan Terbimbing Secara Individu dan Kelompok di SMP Negeri 3 Metro

SAPUTRI, NUR APRIYANI and Sutiarso, Sugeng and Rustam, (2019) Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran yang Menggunakan Model Penemuan Terbimbing Secara Individu dan Kelompok di SMP Negeri 3 Metro. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44287.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiments), dengan desain penelitian Pretes Postes Control Group Design. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pengaruh model penemuan terbimbing secara individu terhadap hasil belajar matematika, untuk mengetahui pengaruh model penemuan terbimbing secara kelompok terhadap hasil belajar matematika, dan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika siswa dalam pembelajaran yang menggunak:an model temuan terbimbing secara individu dan penemuan secara kelompok. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester genap SMP Negri 3 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari sembilan kelas yaitu kelas VIla samp i dengan VIIi. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Tes dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu berupa tes awal (pretes) dan tes akhir (postest) sedangkan lembar wawancara dilakukan terhadap guru mata pelajaran matematika digunakan untuk memperoleh informasi dari guru tentang pelaksanaaan proses pembelajaran di kelas VIIe dan kelas VIIf Teknik analisis data hasil belajar menggunakan skor N-gain dan pengujian hipoteis menggunakan uji-t. Berdasarkan skor rata-rata N-gain diperoleh rata-rata hasil belajar matematika yang menggunakan model penemuan terbimbing secara kelompok lebih tinggi dari pada pembelajaran yang menggunakan model penemuan terbimbing secara individu.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44287.pdf
Uncontrolled Keywords: Individual and group guided discove1 models, learning outcomes, Mathematics, model penemuan terbimbing secara individu dan kelompok, hasil belajar, matematika
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.33 Teori Pembelajaran & Pengembangan Bahan Ajar
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.236 Lower Level Secondary School (Sekolah Menengah Pertama, SMP)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:05
Last Modified: 27 Jul 2022 04:41
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9881

Actions (login required)

View Item View Item