NASUTION, NENNI JUNITA (2018) Perbandingan Peningkatan Kemampuan Pemahaman Instrumental Ma Tematis Dan Beliefs Melalui Pendeka Tan Open Ended Dan Realistic Mathematics Educationpada Siswa Kelas V SDN Padangsidimpuan Utara. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43939.pdf Download (22MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman Instrumental Matematis dan Beliefs Matematis siswa kelas V yang menggunakan pendekatan Open Ended dan Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian yaitu: seluruh siswa kelas V di SDN Padangsidimpuan Utara, sedangkan sampel penelitian yaitu: kelas Va di SDN 200108 Padangsidimpuan dan Vb di SDN 200101 Padangsidimpuan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket beliefs dan tes kemampuan pemahaman Instrumental Matematis. Analisis data yang digunakan adalah uji-t dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman Instrumental Matematis siswa kelas V yang menggunakan pendekatan Open Ended dan RME; {2) ada perbedaan peningkatan Beliefs Matematis siswa kelas V yang menggunakan pendekatan Open Ended dan RME; (3) kemampuan pemahaman Instrumental Matematis siswa yang menggunakan pendekatan Open Ended mempunyai peningkatan skor lebih rendah daripada pendekatan RME; dan (4) beliefs Matematis siswa yang menggunakan pendekatan Open Ended mempunyai peningkatan skor lebih rendah daripada pendekatan RME.
Actions (login required)
View Item |