RANGKUTI, NURHAIDA and Amin Fauzi, M. and Herman, (2018) Perbandingan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan Open Ended Pada Siswa Kelas V SDN Padangsidimpuan Utara. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43934.pdf Download (24MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis penting untuk diperhatikan dan ditingkatkan karena siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan Matematika melalui pengalamannya dalam memecahkan masalah matematis. Kenyataan di lapangan, belum semua guru yang memperhatikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sehingga kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V SDN 200101 Padangsidimpuan masih tergolong rendah. Oleh karena itu, tujuan pada penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan Open Ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas V yang sekolah di SDN Padangsidimpuan Utara. Teknik penentuan sampel menggunakan Sampling Purposive sehingga ditentukan sampel penelitian ini yaitu kelas V-A di SDN 200101 Padangsidimpuan dan V-B di SDN 200108 Padangsidimpuan. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self efficacy. Analisis data yang digunakan adalah uji Independent Samples T-Test dan uji Gain Score. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan pendekatan RME dan pendekatan Open Ended di kelas V SDN Padangsidimpuan Utara; (2) terdapat perbedaan peningkatan Self Efficacy siswa yang diajar menggunakan pendekatan RME dan pendekatan Open Ended di kelas V SDN Padangsidimpuan Utara; (3)kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan pendekatan RME mempunyai peningkatan skor lebih tinggi daripada pendekatan Open Ended di kelas V SDN Padangsidimpuan Utara.; dan (4) Self Efficacy siswa yang diajar menggunakan pendekatan RME mempunyai peningkatan skor lebih tinggi daripada pendekatan Open Ended di kelas V SDN Padangsidimpuan Utara.
Actions (login required)
View Item |