Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Sikap Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V SD Negeri Lubuk Palas Kabupaten Asahan

ARIFIN. S, MHD and Napitupulu, Efendi and Agus Pribadi, Benny (2018) Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Sikap Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V SD Negeri Lubuk Palas Kabupaten Asahan. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43926.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) lebih tinggi daripada hasil belajar PKn siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif Jigsaw, apakah hasil belajar PKn antara siswa yang memiliki sikap belajar tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar siswa PKn siswa yang memiliki sikap belajar rendah, apakah ada interaksi antara strategi pembelajaran dan sikap belajar dalam mempengaruhi hasil belajar pelajaran PKn. Populasi penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 010248 Lubuk Palas dan Sekolah Dasar Negeri 013864 Lubuk Palas Kecamatan Silau Laut Kabupaten Asahan berjumlah masing-masing 30 orang. Jumlah keseluruhan populasi sebanyak 60 siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen dengan faktorial 2x2. Dalam penelitian ini variabel bebas pertama terdiri dari strategi pembelajaran TTW dan jigsaw. Sedangkan pada variabel bebas kedua (variabel moderator) terdiri dari dua karakteristik yakni sikap belajar tinggi dan sikap belajar rendah serta variabel terikatnya adalah hasil belajar PKn. Hasil penelitian dikemukakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa menggunakan strategi TTW dengan strategi Jigsaw. Hasil belajar PKn siswa menggunakan strategi pembelajaran TTW dengan nilai rata-rata 89,43, sedangkan hasil belajar PKn siswa menggunakan strategi pembelajaran Jigsaw memperoleh nilai rata-rata 83,90.Terdapat perbedaan hasil belajar PKn siswa memiliki sikap belajar tinggi dengan memiliki sikap belajar rendah. Siswa yang memiliki sikap belajar tinggi dengan nilai rata-rata hasil belajar PKn yaitu sebesar 89,69, sedangkan siswa yang memiliki sikap belajar rendah memperoleh nilai rata-rata adalah 83,84. Terdapat interaksi strategi pembelajaran dan sikap belajar dalam mempengaruhi hasil belajar PKn siswa dengan hasil uji ANAVA AxB diketahui bahwa FBh=5,127 dan F0,05(I,64)= 4,000 dan hasil hitung FBh= 5,127>4,000.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43926.pdf
Uncontrolled Keywords: Learning Strategy, Learning Attitudes and Learning Outcomes, Strategi Pembelajaran, Sikap Belajar dan Hasil Belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.33 Teori Pembelajaran & Pengembangan Bahan Ajar
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:03
Last Modified: 03 Aug 2022 02:03
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9943

Actions (login required)

View Item View Item