Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Operasi Hltung Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar

NUR VITASARI, BETI and Mudiono, Alif and Julaeha, Siti (2020) Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Operasi Hltung Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44379.pdf

Download (31MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan analisis kebutuhan melalui observasi dan wawancara di SDN 1 Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung, ditemukan bahwa pembelajaran Matematika belum memanfaatkan fasilitas teknologi yang tersedia. Sekolah memiliki fasilitas teknologi yang bagus seperti laptop, LCD, dan wifi. Sumber belajar yang digunakan guru adalah buku guru dan buku siswa yang dibagi oleh pemerintah, sehingga belum ada media penunjang lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan produk multimedia interaktif, mengetahui tingkat validitas produk multimedia interaktif, serta mengetahui keefektifan produk multimedia interaktif terhadap hasil belajar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Lee & Owens. Penelitian dilakukan dengan populasi semua kelas V pada SDN 1 Bandung, dan sampel yang digunakan yaitu kelas VA dan VB. Instrurmen pengumpulan data pada penelitian ini berupa lembar validasi, angket respon guru, angket respon siswa, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Produk multimedia interaktif untuk pembelajaran ini telah selesai dikembangkan dalam bentuk CD program pembelajaran sesuai dengan prosedur pengembangan multimedia menggunakan model pengembangan Lee & Owens (2004) yang menggunakan 5 tahap pengembangan yakni, analisis yang terdiri atas dua bagian yaitu analisis kebutuhan dan analisis awal sampai akhir, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi; (2) Produk multimedia interaktif yang dihasilkan divalidasi ahli media, materi, dan bahasa, dari hasil validasi multimedia interaktif yang telah dilakukan, diperoleh hasil kevalidan dengan persentase 87,76% yang menunjukkan bahwa multimedia interaktif untuk pembelajaran operasi hitung pecahan valid digunakan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar (3) Pembelajaran menggunakan multimedia interaktif lebih efektif dibandingkan pembelajaran yang konvensional untuk pembelajaran Operasi Hitung Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Bandung Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung yang dibuktikan dari analisis hasil tes siswa melalui uji t diperoleh hasil t hitung lebih besar dari t tebal yaitu, 6,706 > 2,026 pada uji lapangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44379.pdf
Uncontrolled Keywords: Development, Interactive Multimedia, Learning to Calculate Fraction Operations, Pengembangan, Multimedia Interaktif, Pembelajaran Operasi Hitung Pecahan
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.33 Teori Pembelajaran & Pengembangan Bahan Ajar
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:38
Last Modified: 03 Aug 2022 02:38
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9947

Actions (login required)

View Item View Item