LAILATUL MASRUROH, RR and Dafik, and Suparti, (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Multi Teknik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Operasi Perpangkatan. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
44340.pdf Download (35MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis perangkat pembelajaran Matematika berbasis multi Teknik dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam menyelesaikan masalah operasi perpangkatan. Keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sangat penting, tetapi pada kenyataannya hal tersebut belum memenuhi harapan. Hal ini disebabkan perangkat pembelajaran berupa RPP yang masih belum mampu memotivasi siswa untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa perlu adanya upaya inovatif guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran khususnya pada mata pelajaran matematika dalam menyelesaikan masalah perpangkatan. Penelitian ini mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran berbasis multi teknik; menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa; menunjukkan aktivitas siswa pada saat penerapan perangkat pembelajaran berbasis multi teknik; dan menunjukkan potret fase keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Responden penelitian adalah siswa kelas 5 SDN 5 Patokan, Situbondo terdiri dari dua kelas, yaitu kelas kontrol sebanyak 24 siswa dan kelas eksperimen sebanyak 25 siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian campuran (kombinasi dari metode kuantitatif dan kualitatif) atau triangulasi (triangulation), Metode kuantitatif akan digunakan untuk menganalisis tipe data interval hasil belajar siswa., sedangkan metode kualitatif akan digunakan untuk menganalisis tipe data ordinal jenis keterampilan berpikir tinggi. Pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model pengembangan four D models (Model 4-D) dari Thiagarajan (1974) yang memiliki empat tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Adapun perangkat yang dikembangkan meliputi RPP, LKS. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari perangkat yang dikembangkan. Analisis data peningkatan keterampilan berpikir kreatif dilakukan dengan statistic inferensial dengan uji homogenitas (levene test), uji normalitas (Kolmogorov-Smirnov Test) dan uji t independent sample dengan bantuan software SPSS versi 18.0. Berdasarkan hasil analisis dapat dilihat bahwa tingkat keterampilan berpikir tingkat tinggi pretest kelas kontro1 dengan kategori kurang baik 25%, cukup baik 38%, baik 33%, sangat baik 4%, sedangkan kelas eksperimen dengan kategori kurang baik 24%, cukup baik 40%, baik 32%, sangat baik 4%. Skor independent sample t-test dari post-test menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai sig (2-tailed) adalah 0,000 (p = <0,05). Hasil analisis aktivitas pembelajaran pada kelas ekperimen dengan kategori kurang aktif 12%, cukup aktif 28%, aktif 44%, dan sangat aktif 16%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara dua kelas yang menerapkan pembelajaran Matematika berbasis multiteknik dalam menyelesaikan masalah operasi perpangkatan dan tidak menerapkan pembelajaran Matematika (konvensional) dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Selain itu penggambaran pola-pola pikir siswa (potret fase) terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam menyelesaikan masalah perpangkatan menunjukan pola yang seragam.
Actions (login required)
View Item |