Karakter Kemandirian Belajar Dalam Pembelajaran Tematik Berbasis Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar

WULANDARI, ENDAH and Sulandra, I Made and Fatmasari, Rhini (2020) Karakter Kemandirian Belajar Dalam Pembelajaran Tematik Berbasis Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44383.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Pendidikan sebagai usaha sadar untuk membentuk karakter siswa menjadi warga negara yang baik (good citizen) sehingga dapat tumbuh menjadi warga Indonesia yang mampu menjalankan peranya dengan tepat. Kemandirian belajar terwujud bila siswa aktif mengontrol segala aktivitas belajarnya, mengevaluasi dan selanjutnya merencanakan sesuatu dalam pembelajaran, serta aktif dalam proses pembelajaran sehingga percaya diri dalam bertindak, disiplin menyelesaikan tugas, mau mempertimbangkan pendapat orang lain dan bertanggung jawab atas semua tindakan dalam belajamya. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi pengembangan karakter kemandirian belajar serta mendiskripsikan karakter kemandirian belajar dalam pembelajaran tematik berbasis pendekatan saintifik di kelas V SDN 1 Karangrejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik penggumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedang metode analisis datanya menggunakan analisis model Miles & Huberman melalui langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa stategi guru dalam mengembangkan karakter kemandirian belajar siswa kelas V adalah melalui lima strategi yaitu strategi inkulkasi nilai, strategi pembinaan, strategi keteladanan, strategi pengembangan keterampilan akademik dan sosial, serta strategi fasilitasi. Hasil penelitian menunjukkan karakter kemandirian siswa kelas V sebesar 74,07% yang artinya kemandirian belajar siswa berada dalam katergori mulai berkembang. Hal tersebut terlihat hasil rata-rata pada setiap indikatomya adalah percaya diri sebesar 73,01%, yang didukung oleh aspek menanya 86,36% dan aspek mengkomunikasikan 83,33 % dari hasil diskusi selama proses pembelajaran. Disiplin sebesar 77,27% hal tersebut didukung oleh aspek menanya 86,36% dan aspek mencoba 84,85 %. Toleransi sebesar 79,82% yang didukung oleh aspek menanya 86,36% , aspek menalar 72,27% serta aspek mengkomunikasikan 83,33% dan indikator bertanggung jawab diperoleh rata-rata 70,45% didukung oleh aspek mengamati 86,36% dan aspek mencoba 84,85% hasil diskusi selama proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44383.pdf
Uncontrolled Keywords: Learning independence, Strategy, Scientific Approach, Kemandirian belajar, Strategi, Pendekatan Saintifik
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.33 Teori Pembelajaran & Pengembangan Bahan Ajar
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:58
Last Modified: 03 Aug 2022 02:58
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9950

Actions (login required)

View Item View Item