Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (Plus Disscusion Dan Plus Lecture) Dan Kemandirian Terhadap Hasil Belajar IPA

Novitasari, Euis and Sumantri, M.S and Rahayu, Ucu (2020) Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (Plus Disscusion Dan Plus Lecture) Dan Kemandirian Terhadap Hasil Belajar IPA. In: TING XII, 25-26 Juli 202.

[img]
Preview
Text
Pengaruh Strategi Kooperatif Think Pair.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar IPA sering kali disebabkan strategi pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional, mengunakan metode ceramah. Strategi pembelajaran think pair share diduga dapat meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang diberi perlakuan strategi pembelajaran kooperatif think pair share plus discussion dan think pair share plus lecture dan kemandirian. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Sukajaya 01 Sukajaya kabupaten Bogor provinsi Jawa Barat pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Teknik analisis data yang digunakan adalah anava dua jalur. Dari hasil penelitian disimpulkan 1) terdapat pengaruh pemberian strategi pembelajaran kooperatif think pair share (plus discussion and plus lecture) terhadap hasil belajar IPA. 2) Terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA. 3) Strategi pembelajaran think pair share plus discussion dan kemandirian tinggi lebih baik dari pada think pair share plus lecture dan kemandirian tinggi. 4 ) Strategi pembelajaran think pair share plus discussion dan kemandirian rendah tidak berbeda dengan strategi pembelajaran think pair share plus lecture dan kemandirian rendah

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): 22/S0031.Pdf
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar IPA
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Prosiding Seminar UT > Temu Ilmiah Nasional Guru XII
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:14
Last Modified: 02 Oct 2023 06:57
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9969

Actions (login required)

View Item View Item