Daulay, Pardamean and Malik, Abdul (2013) Pengembangan Model Pendidikan Anti Korupsi Melalui Media Komik Bagi Siswa Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktek Pendidikan, 22 (1). pp. 34-42. ISSN 0854-8285
|
Text
2. Artikel Jurnal Pendidikan Korupsi.pdf Download (824kB) | Preview |
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran pendidikan antikorupsi melalui media komik di Sekolah Dasar. Pengembangan menggunakan model Plomp (1989). Subjek penelitian siswa kelas IV SDN Mulyorejo Surabaya. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan kuesioner. Data dianalisis menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 86,40% siswa sangat menyukai komik dan 86,40% sangat menyenangi komik sebagai media pembelajaran pendidikan antikroupsi. Implementasi model pendidikan antikorupsi melalui media komik menunjukkan peningkatan pemahaman siswa mengenai korupsi, di mana hasil test sebelum menggunakan komik, rata-rata 70 (54,55%), dan setelah pembelajaran menggunakan media komik, rata-rata nilai siswa 85 (86,40%). Media komik ini diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif dalam pemberantasan korupsi di Indoensia sejak dini. Namun masih perlu dikaji kembali terutama kondisi lingkungan sekolah, karakteristik siswa, dan waktu belajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information (ID): | 22/B0061.pdf |
Uncontrolled Keywords: | media komik, pendidikan antikorupsi, sekolah dasar |
Subjects: | 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 364.1323 Corruption (Korupsi) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD) |
Divisions: | Koleksi Digital > Artikel |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 04:28 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 04:46 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9985 |
Actions (login required)
View Item |