Efektifitas Pembelajaran Team Teaching Setting Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IX SMPN 18 Bulukumba

Amiruddin, M. M. (2013) Efektifitas Pembelajaran Team Teaching Setting Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IX SMPN 18 Bulukumba. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41356.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dihadapi guru dalam meningkatkan hasil belajar adalah masalah yang tak pernah ada habisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan : rendahnya hasil belajar matematika, rendahnya keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, dan kurangnya respon siswa. Salah satu penyebabnya karena kondisi kelas yang terlalu besar dan dalam pelaksanaannya pembelajaran masih berpusat kepada guru. Pada penelitian ini menerapkan pembelajaran team teaching dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan materi menyelesaikan masalah statistika. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen Two-group post-test-only design dengan tujuan untuk menemukan jawaban atas pertanyaan apakah pembelajaran team teaching setting kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IX SMPN 18 Bulukumba, dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan team teaching setting kooperatif tipe STAD dan siswa yang diajar dengan tanpa team teaching. Subjek penelitian adalah siswa SMPN 18 Bulukumba. Satuan eksperimen adalah siswa kelas IX-1 sejumlah 42 orang dan kelas IX-2 sejumlah 42 orang. Perlakuan diberikan pada kelas IX-2 sebagai kelas eksperimen, dan kelas IX-1 sebagai kelas kontrol. Prosedur pengumpulan data diawali dengan validasi Instrumen atau alat ukur, uji coba, dan analisis. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah lembar aktivitas belajar matematika siswa, lembar respon siswa, dan tes hasil belajar matematika siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis digunakan untuk membuktikan hipotesis bahwa “Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan team teaching setting kooperatif tipe STAD dan siswa yang diajar dengan tanpa team teaching.” Hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan aktivitas belajar matematika siswa, respon siswa, dan hasil belajar matematika siswa antara kelas yang diajar dengan pembelajaran team teaching setting kooperatif tipe STAD dan tanpa team teaching.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41356.pdf
Uncontrolled Keywords: Effectiveness, Team Teaching, Cooperative Type STAD, Learning Outcomes, Efektifitas, Pembelajaran Team Teaching, Kooperatif Tipe STAD,Hasil Belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.102 Teaching (Pendidikan, Pengajaran)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 11 Aug 2016 09:20
Last Modified: 14 Feb 2019 09:14
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1417

Actions (login required)

View Item View Item