Idris, Muh (2013) Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Student Team Achiement Devision (STAD) Berpendekatan Kontruktivisme Berbantuan Compack Disk (CD) Pembelajaran Materi Trigonometri Kelas XI SMK. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41367.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Ketuntasan siswa pada pemahaman konsep dengan KKM 65 ketuntasan klasikal minimal 80%, (2) Pengaruh keaktifan dan sikap siswa terhadap pemahaman konsep siswa, (3) Perbe daan pemahaman konsep siswa antara kelompok eksperomen dan kelompok kontrol untuk materi tigonometri pada kelas XI SMK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode STAD berpendekatan kontruktivisme berbantuan CD pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK N 2 Temanggung kelas XI tahun Pelajaran 2012/2013 kelompok pariwisata yaitu Program Keahlian Administrasi Perkantoran(AP), Jasa Boga (JB), dan Busana Butik (BB) terdiri dari 6 kelas sebanyak 202 siswa, diambil 3 kelas ksperimen sebagai sampel masing-masing BB-I sebagai kelas eksperimen, BB-2 sebagi kelas uji coba. AP-2 sebagai kelas control, dalam pemilihan ketiga kelompok tersebut menggunakan closter sampling. Variabel yang digunakan keaktifan dan sikap siswa sebagai variabel bebas, pemahaman konsep siswa sebagai variabel dan waktu pelaksanaa penelitian sebagai variable kontrol. Instrument yang digunakan sebagai alat pengambiJan data adalah instrumen keaktifan dan instrumen digunakan untuk memperoleh variabel bebas dan soal tes digunakan sebagai variable terikat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis efektivitas yaitu (1) uji ketuntasas uji menggunakan uji t yang dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan α=5%, (2) uji pengaruh menggunakan model regresi ganda dan (3) uji beda rata-rata menggunakan uji t satu pihak. Dengan KKM 65, diperoleh rata-rata klasikal 74,85, ketuntasan 81,82% > 80%, sehingga dipenuhi ketuntasann belajar, diperolehnya persamaan regrsi y =3,444 + 0,511 X1 + 0,572 x2 dan nilai koefisien determinasi R2=0,9230, maka variabel bebas pengaruh positifterhadap variabel terikat, t hitung = 5,873> t table =1,694 dengan α=5% maka rata-rata pemahaman konsep siswa kelas eksperimen lebih besar dari rata-rata kelas kontrol. Diperolehnya ketuntasan belajar, adanya pengaruh positif kedua variable dan terdapat perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol maka penelitian ini dikatakan efektif. Berdasarkan kelemahan dalam penelitian ini bagi disarankan agar melakukan penelitian serupa dengan menambah, memperluas populasi dan sampel.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 41367.pdf |
Uncontrolled Keywords: | activity, attitude, understanding of concept, trigonometry comparison, keaktifan, sikap, pemahaman konsep, perbandingan trigonometri |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar) 500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 23 Aug 2016 08:49 |
Last Modified: | 05 Oct 2018 02:17 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/1821 |
Actions (login required)
View Item |