Penggunaan Multi Criteria Decision Analysis (MCDA) Untuk Menentukan Model Alternatif Kebijakan Pendidikan Lingkungan (Studi Kasus Di SD Tangerang Selatan)

Warlina, Lina and Rusdiyanto, Edi and Sumartono, and Sawir, Ismed (2011) Penggunaan Multi Criteria Decision Analysis (MCDA) Untuk Menentukan Model Alternatif Kebijakan Pendidikan Lingkungan (Studi Kasus Di SD Tangerang Selatan). In: Seminar Nasional FMIPA-UT 2011.

[img]
Preview
Text
fmipa201109.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Saat ini kulitas lingkungan di Indonesia sudah cukup memperihatinkan, kerusakan lingkungan terjadi dimana-mana. Peranan manusia begitu besar dalam menentukan kondisi dan kualitas lingkungan Oleh sebab itu, pendidikan pengelolaan lingkungan hidup perlu ditanamkan kepada anak sejak usia dini. Di sisi lain, belum adanya kebijakan pemerintah yang secara terintegrasi mendukung perkembangan pendidikan lingkungan hidup di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah membuat rekomendasi alternatif kebijakan untuk pendidikan lingkungan murid SD dengan menggunakan Multi Criteria Decison Analysis (MCDA). MCDA merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk menentukan suatu kebijakan dengan teknik pengambilan keputusan multi-kriteria. Alternatif yang digunakan adalah SD Umum dan SD Alam, dengan kriteria-kriteria kompetensi siswa, kompetensi guru, serta kualitas lingkungan dengan masing-masing sub kriterianya. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan wawancara terhadap para siswa, guru dan masyarakat sekitar sekolah, analisis dilakukan secara deskriptif, dan sofware yang digunakan adalah PRIME. Hasil penelitaian menunjukkan bahwa pemahaman lingkungan antara Sekolah Umum dan Sekolah Alam berbeda untuk siswa, guru, warga sekolah dan masyarakat sekitar. Untuk pemahaman siswa terhadap lingkungan, baik kognitif, afektif maupun psikomotorik siswa pada Sekolah Alam lebih tinggi daripada Sekolah Umum. Begitu pula pemahaman untuk guru, warga sekolah dan masyarakat, pada Sekolah Alam lebih tinggi dibandingkan Sekolah Umum. Adanya Sekolah Alam dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitarnya. Pemahaman masyarakat akan lingkungan menjadi lebih baik, baik secara pengetahuan (kognitif) ataupun sikap (afektif). Berdasarkan analisis MCDA, dapat direkomendasikan alternatif kebijakan yang terbaik untuk pemahaman lingkungan tingkat pendidikan dasar yaitu alternatif kebijakan dengan konsep yang terdapat pada Sekolah Alam.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): FMIPA201109.pdf
Uncontrolled Keywords: alternatif kebijakan, MCDA, pendidikan lingkungan
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 375.001 Curriculum Development (Perkembangan Kurikulum)
Divisions: Prosiding Seminar UT > Seminar Nasional FMIPA-UT 2011
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 30 Aug 2016 01:57
Last Modified: 23 Aug 2019 06:54
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2286

Actions (login required)

View Item View Item