Korelasi Kemampuan Siswa Dalam Operasi Hitung Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 18 Paseban Pagi Jakarta Pusat

Simanjuntak, Haholongan (2013) Korelasi Kemampuan Siswa Dalam Operasi Hitung Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 18 Paseban Pagi Jakarta Pusat. Care : jurnal ilmiah pendidikan (ed. 1). pp. 24-39. ISSN 1979-6994

[img]
Preview
Text
haholongan06.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana korelasi (pengaruh) kemampuan berhitung terhadap prestasi be/ajar siswa kelas V SDN Paseban 18 Pagi Jakarta Pusat. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas V SD N Paseban 18 Pagi Jakarta Pusat yang berjumlah 32 orang dan hanya I kelas. Berhubung siswa kelas V hanya 32 orang, maka populasi tersebut merupakan sampel dalam penelitian ini. Studi ini menggunakan dua jenis instrumen yaitu instrumen berupa tes pilihan ganda digunakan untuk mengukur kemampuan berhitung siswa (Variabel Bebas = X) dan instrumen berupa dokumen sekolah (raport)(Variabel Terikat = }]. Untuk mengetahui apakah setiap butir dalam tes pilihan ganda sudah dianggap baik sebagai alat pengukur kemampuan berhitung siswa, maka instrumen tes sebelum digunakan terlebih dahulu diujicobaan kemudian dilakukan analisis butir soal untuk mengetahui validitas,realiabilitas, tingkat kesukaran maupun daya pembeda setiap butir soal. Berdasarkan ana/isis butir soal inilah ditemukan soal-soal yang diaggap sudah baik untuk digunakan dalam instrumen tes. Teknik Ana/isis dalam penelitan ini dilakukan dengan analisis regresis dan korelasi, untuk mengetahui ada tidaknya korelasi (hubungan) antara variabel X dan Y Berdasarkan analisis dari data disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam operasi hitung mempunyai korelasi (pengaruh) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SD N. Paseban 18 Pagi Jakarta Pusat. Dengan kata lain, siswa yang mempunyai kemampuan baik dalam operasi hitung akan mempunyai prestasi be/ajar matematika yang lebih baik. Dari kesimpulan yang diperoleh diharapkan guru matematika yang mengajar di kelas V SD agar dapat lebih serius dan meningkatkan kemampuannya dalam mengajar operasi hitung kepada siswanya

Item Type: Article
Additional Information (ID): halolongan06.pdf
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Siswa, Operasi Hitung, Prestasi Belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 18 Oct 2016 02:26
Last Modified: 18 Oct 2016 02:26
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2978

Actions (login required)

View Item View Item