Pengembangan perangkat pembelajaran dengan Pendekatan Reciprocal Teaching Pada Materi Logika Sekolah Menengah Atas

Rifanani, A'ilin (2015) Pengembangan perangkat pembelajaran dengan Pendekatan Reciprocal Teaching Pada Materi Logika Sekolah Menengah Atas. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42449.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Upaya pemerintahan Indonesia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan terus dilakukan dengan melakukan berbagai perubahan baik pada sistem pendidikan maupun komponen - komponen lain. Dalam dunia pendidikan, salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan pendidikan adalah pembaharuan kurikulum, peningkatan kualitas pembelajaran, dan efektivitas metode pembelajaran. Salah satu masalah dalam pembelajaran matematika di SMA adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika yang dikemas dalam bentuk soal yang lebih menekankan pada pemahaman dan penguasaan konsep suatu pokok bahasan tertentu. Selain itu, pengetahuan yang diterima siswa secara pasif menjadikan matematika itu tidak bermakna bagi siswa. Banyak sekali kita melihat siswa cenderung pasif dalam mengikuti proses pembelajaran matematika di dalam kelas. Mereka cenderung merasa takut dan enggan mengemukakan pendapat maupun pertanyaan. Salah satu penyebabnya adalah persiapan guru mengajar yang berupa perangkat pembelajaran. Selama ini perangkat pembelajaran yang dibuat guru masih secara umum seperti yang selama ini digunakan. Perangkat pembelajaran dengan pendekatan reciprocal teaching dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif persiapan guru dalam mengajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar karena pada pendekatan reciprocal teaching siswa dapat menguasai materi setelah diberi informasi materi pelajaran oleh guru. Materi tersebut dirangkum atau diringkas oleh siswa itu sendiri disertai dengan pemberian soal - soal dan usaha menemukan sendiri dalam praktik pencarian data. Hasil yang diperoleh siswa, selanjutnya siswa menjelaskan materi yang sudah dirangkum layaknya seorang guru dan menjawab pertanyaan dari siswa yang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang baik berdasarkan pembelajaran reciprocal teaching pada materi logika untuk kelas XII IPS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yaitu pengembangan perangkat pembelajaran matematika yang mengacu pada model 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel (1974;421) dengan beberapa modifikasi. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kegiatan Siswa, dan Tes Hasil Belajar. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pengembangan perangkat 4D yang telah dimodifikasi dihasilkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan reciprocal teaching untuk materi logika kelas XII IPS, yang mana telah melalui tahap validasi ahli, uji keterbacaan, dan ujicoba lapangan, perangkat pembelajaran yang dihasilkan dikategorikan baik. Hal ini dapat dilihat dari kriteria - kriteria yang telah ditetapkan, yaitu aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran efektif,keterlaksanaan pembelajaran dengan pendekatan reciprocal teaching terlaksana dengan baik, respon siswa terhadap pembelajaran positif dan tes hasil belajar tuntas klaksikal kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42449.pdf
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Perangkat, Reciprocal Teaching, logika, Equipment Development, Reciprocal Teaching, logic
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.102 Teaching (Pendidikan, Pengajaran)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.238 Upper Level Secondary School (Sekolah Menengah Atas, SMA)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 14 Feb 2017 07:53
Last Modified: 16 Feb 2017 02:34
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6434

Actions (login required)

View Item View Item