Pengaruh Sistem Tutorial, Strategi Latihan dan Faktor 'Locus of Control' Mahasiswa terhadap Prestasi Belajar Matematika dalam Sistem Belajar Mandiri di Universitas Terbuka: Sebuah Studi Eksperimen di Universitas Terbuka UPBJJ Manado (1985)

Kotambunan, J. E. Nelly (1989) Pengaruh Sistem Tutorial, Strategi Latihan dan Faktor 'Locus of Control' Mahasiswa terhadap Prestasi Belajar Matematika dalam Sistem Belajar Mandiri di Universitas Terbuka: Sebuah Studi Eksperimen di Universitas Terbuka UPBJJ Manado (1985). Doctoral thesis, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jakarta.

[img]
Preview
Text
00645.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terutama bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara Sistem Tutorial yang menggunakan Kelompok Kecil dengan Sistem Tutorial yang menggunakan Kelompok Besar terhadap prestasi belajar matematika mahasiswa Universitas Terbuka. Di samping itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui 'perbedaan pengaruh antara Strategi Latihan Frekuensi Tinggi dengan Strategi Latihan Frekuensi Rendah, dan antara 'Locus of Control' Internal dengan 'Locus of Control' Eksternal, serta pengaruh interaksi antara Sistem Tutorial dengan Strategi Latihan, antara Sistem Tutorial dengan 'Locus of Control', serta antara ketiga faktor tersebut, terhadap prestasi belajar matematika mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan di UT-UPBJJ Manado pada semester satu tahun akademik 1985/1986. Metode penelitian ini adalah eksperimen lapangan ('quasi-experimenti) dengan menggunakan rancangan faktorial 2 x 2 x 2, serta sampel sebesar 64 orang mahasiswa dari Program Ekonomi dan Studi Pembangunan. Prestasi belajar diukur Matematika, yang telah disusun dengan menggunakan Tes untuk mengukur prestasi belajar mahasiswa berdasarkan aspek ranah kognitif, dengan rentangan -skor antara 0 sampai dengan 50. Skala 'Locus of Control', dengan rentangan skor antara 36 sampai dengan 180, telah digunakan untuk mengelompokkan mahasiswa ke dalam kategori internal dan eksternal.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information (ID): 00645.pdf = 40077
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Sistem Tutorial, Strategi Latihan, Locus of Control
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Disertasi
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 18 Jan 2018 08:54
Last Modified: 25 Oct 2018 03:49
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7184

Actions (login required)

View Item View Item